Pendidikan Seksual di SLB Negeri Margorejo Pati

Selasa, 11 Februari 2020 22:01 WIB
Pendis

Pendidikan Seksual di SLB Negeri Margorejo Pati

Anak berkebutuhan khusus sebagian besar sudah merasakan hak yang sama dalam memperoleh pendidikan dan layanan sesuai dengan kondisinya. Namun, tidak dengan pendidikan seks yang belum mendapatkan perhatian dikalangan pendidik.

 

Ambarwati merupakan salah satu guru yang meneliti terkait pendidikan seksualitas untuk anak yang berkebutuhan khusus. Penelitian Ambarwati berjudul Strategi Pembelajaran Seksualitas pada Masa Pubertas bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Margorejo Pati dilakukan dengan dukungan bantuan dari Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Dit PTKI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama RI tahun anggaran 2018.
 

Peneliti menyebutkan, seiring dengan minimnya pendidikan seks bagi anak berkebutuhan khusus menjadikan sebagian di antara mereka cenderung mudah dimanipulasi, sehingga kerap kali dijadikan obyek pelecehan dan pelampiasan seksual. Bisa dikatakan bahwa anak berkebutuhan khusus ini lebih rentan menjadi korban seksual dibandingkan dengan masyarakat umum.

 

Sedangkan data pelecehan dan kekerasan seksual yang akurat terhadap anak berkebutuhan khusus di Indonesia tampaknya belum tersedia, karena tidak banyak kasus kekerasan dan pelecehan seksual yang dilaporkan. Upaya yang memungkinkan untuk dilakukan oleh dunia pendidikan adalah dengan mengadakan pendidikan seks.

 

Menurut Ambarwarti, dalam memberikan pembelajaran pendidikan seksual memerlukan suatu rencana yang ditetapkan secara sengaja untuk melakukan kegiatan atau tindakan yang dinamakan strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran tersebut dalam pendidikan seksual merupakan bagian penting yang harus ada dalam upaya mencapai tujuan pendidikan tertentu.

 

Berdasarkan fenomena di atas, peneliti merumuskan masalah penelitiannya pada apa saja materi yang harus disampaikan dalam pendidikan seks untuk anak berkebetuhan khusus dan bagaimana strategi pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru.

 

Ambarwati menuturkan bahwa penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kembali perhatian pemangku kepeentingan dan pemangku kebijakan  terhadap pendidikan anak berkebutuhan khusus terutama pendidikan seksual, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan sebagaimana pelecehan seksual dan hal yag lebih buruk lainnya dan juga menyiapkan  kurikulum tentang pendidikan seksual yang standar  bagi keseluruhan anak berkebutuhan khusus.


Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berupa kata-kata lisan atau tertulis yang dicermati oleh peneliti, dan benda-benda yang diamati sampai detailnya agar dapat ditangkap makna yang tersirat dalam dokumen atau bendanya. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif  dengan desain deskriptif interaktif melalui metode deskriptif kualitatif.

 

Ambarwati mengutip Sukmadinata, menjelaskan bahwa penelitian kualitatif (qualitative research) yakni suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sedangkan kualitatif interaktif merupakan studi mendalam dengan menggunakan tehnik pengumpulan data langsung dari subyek atau orang dalam lingkungan ilmiahnya. Metode ini dipilih untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran seksual bagi siswa SLB yang memasuki masa pubertas.

 
Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa materi pendidikan seksual yang diberikan kepada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Margorejo, Pati adalah berupa upaya pemahaman pada anak mengenai fungsi alat seksual dan naluri alamiah yang timbul. Kemudian, bimbingan dalam menjaga dan memelihara alat reproduksi atau organ intim.

 

Selain itu memberikan pemahaman dan perilaku pergaulan yang sehat beserta resiko-resiko yang dapat terjadi seputar masalah seksual dan bagaimana cara melindungi diri dan terhindar dari pelecehan seksual. Tujuannya agar ketika sudah dewasa lebih dapat bertanggungjawab dalam mempergunakan dan mengendalikan hasrat seksualnya.

 

Strategi pembelajaran pendidikan seksual untuk anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Margorejo, jika dimaknai dari strategi pembelajarannya yaitu menggunakan strategi kelompok-individu (group individual learning). Jika dilihat dari segi klasifikasi strategi pembelajaran merupakan strategi pembelajaran langsung (direct Instruction).

 

Penelitian ini merekomendasikan kepada para guru yang mengajar anak berkebutuhan khusus bisa benar-benar memerhatikan kondisi dan kemampuan anak, sehingga masing-masing siswa bisa mendapatkan perhatian. Selain itu, guru hendaknya lebih inovatif dan kreatif dalam memilih metode dan media pembelajaran.

 

Adapun rekomendasi peneliti kepada pemerintah adalah agar selalu memberikan perhatian dan meningkatkan kepekaan terhadap pendidikan anak berkebutuhan khusus. Memberikan workshop, pelatihan pada sekolah-sekolah dan masyarakat terkait pentingnya pendidikan seksual untuk ABK.

 

Penulis: Ono Rusyono

Editor: Kendi Setiawan

 

Tags:

#seksual#anak berkebutuhan khusus#Pendis#penelitian


Tags:

Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG