Penerapan Nilai Agama pada Siswa MA di Jambi

Kamis, 30 Januari 2020 07:52 WIB
Pendis

Penerapan Nilai Agama pada Siswa MA di Jambi

Sektor pendidikan terus menjadi topik yang hangat diperbincangkan. Selain ekonomi, sebagai salah satu tiang langgengnya suatu negara, pendidikan adalah tolok ukur kemajuannya. Dari sistem pendidikan yang baik normalnya akan melahirkan Sumber Daya Manusia yang lebih unggul. Karenanya, evaluasi terhadap perkembangan pendidikan adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Baik dari segi pemerataan kesempatan mengeyam pendidikan bagi seluruh warga, maupun sejauh mana nilai-nilai dalam proses pendidikan mampu diimplementasikan oleh para peserta didik.


Taxonomi Bloom mengemukakan bahwa pendidikan tidak hanya perlu membuat peserta didik menjadi orang yang kaya ilmu pengetahuan dan teori, tetapi juga membentuk manusia yang mampu berprilaku baik di dalam masyarakat sekaligus terampil dalam mempraktikkan ilmu yang dimilikinya. Pendidikan yang ideal adalah proses yang harus dapat membantu peserta didik untuk menjadi manusia yang berilmu pengetahuan, berakhlak mulia, dapat hidup bersama orang lain dan memiliki keterampilan dalam mengaplikasikan ilmunya di masyarakat. Namun, fakta yang terjadi di lapangan, kerap kali masih bak api jauh dari panggangnya.

 

Fitria Carli Wiseza dan Noviriani dalam penelitiannya tahun 2018 tentang pendidikan di Indonesia memperlihatkan hasil yang cukup memperihatinkan. Penelitian yang berkonsentrasi pada Provinsi Jambi itu menemukan, bahwa masih terhitung banyak siswa di Jambi yang menunjukkan sikap perilaku non-sosial dalam proses kegiatan belajarnya di sekolah.

 

Penelitian berkat dukungan bantuan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Dit PTKI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama RI tahun anggaran 2018 berjudul Pengaruh Pengetahuan Agama dan Pertimbangan Moral terhadap Agresivitas Siswa MAN Kabupaten Bungo, ini juga menjelaskan, bahwa sikap penyimpangan itu mengalami kenaikan sampai 6 persen dalam dua tahun terakhir (2016-2017).


Dalam penelitian ini, Fitria dan Noviriani mengutip dua identifikasi masalah yang kerap memengaruhi naiknya kesenjangan hal di atas. Di antaranya adalah kuatnya agresivitas siswa dalam menghadapi perubahan zaman. Pertama faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal penyebab agresivitas adalah lingkungan. Faktor lingkungan yang dimaksud adalah: kemiskinan, anominitas, suhu udara yang panas dan kuatnya sikap meniru atau tidak berintuisi. Sedangkan faktor internal tersebut adalah faktor biologis. Faktor-faktor biologis yang mempengaruhi perilaku yaitu transmisi genetik dan sistem otak.


Artinya, kenaikan penyimpangan siswa pada dasarnya dapat ditanggulangi jika setiap elemen lingkungan peserta didik (siswa, guru dan orang tua) dapat bersinergi untuk menghadapi problem ini. Tingkat agresivitas para siswa Madrasah Aliyah/setingkat merupakan masa yang kerap kali menunjukkan emosi tak terkendali maupun tidak terkontrol, membuatnya perlu melakukan langkah-langkah penanggulangan atau preventif. 

 

Fitria dan Noviriani, atas permasalahan di atas kemudian memberikan saran, yakni perlunya penyampaiannya nilai-nilai agama yang bersifat pengamalan dalam realitas kehidupan (implementatif). Minimnya pengetahuan tentang agama dari aspek nilai yang para siswa miliki, ditambah dengan pengaruh lingkungan yang buruk menjadi permasalahan berikutnya. Tingkat agresivitas remaja yang masih bergelora perlu didampingi dengan nilai agama.

 

Dalam penelitian yang didukung Diktis Pendis ini, Fitria dan Noviriani, menemukan, nilai agama yang bersifat impelemtatif ini akan memberikan panduan kepada manusia berhubungan dengan Tuhan. Hubungan manusia tuhannya ini sangat penting untuk membatasi tingkah laku manusia.

 

Dengan demikian, manusia dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah dalam kehidupan ini untuk kemudian dapat mempertimbangan lebih dalam pada aspek moral. Kondisi ini juga perlu menuntut tindakan nyata dari semua pihak: pemerintah, orang tua, sekolah dan masyarakat agar agresivitas siswa menjadi semakin terkendali.

 

 

Penulis: Sufyan Syafi'i

Editor: Kendi Setiawan

Tags:

#diktis #kemenag #penelitian #MA #pendidikan #Muara Bungo


Tags:

Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG