Pentingnya Kurikulum Berkelanjutan untuk Tingkatkan Kualitas Madrasah

Rabu, 12 Februari 2020 08:15 WIB
Pendis

Pentingnya Kurikulum Berkelanjutan untuk Tingkatkan Kualitas Madrasah

Pengembangan kurikulum berkelanjutan di semua jenjang dan jenis madrasah yang meliputi kurikulum MI dan MTs perlu terus dilakukan secara berkesinambungan. Dalam kurikulum ini madrasah harus memerhatikan muatan lokal dan materi nasional yang harus diajarkan dengan seimbang.

 

Upaya tersebut merupakan rekomendasi dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Asep Jihad, Wati Susilawati, dan Ridha Abdullah pada tahun 2018 yang berjudul Pengembangan Model Daya Saing Global Madrasah Ibtidiyah (MI) di Jawa Barat.

 

Langkah kedua untuk mengembangkan madrasah yang perlu dilakukan adalah pembinaan profesi guru madrasah dalam bidang profesionalitasnya melalui pelatihan-pelatihan dan seminar-seminar. Adapun langkah ketiga, tulis para peneliti dalam penelitian yang didukung oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, adalah pengadaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana madrasah secara maksimal.

 

Sebelumnya para peneliti menyebutkan madrasah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal di Indonesia yang secara resmi diakui oleh pemerintah. Dalam SKB Tiga Menteri Republik Indonesia tahun 1975 disebutkan bahwa status madrasah diakui sama-sederajat dengan sekolah umum yang setingkat. Sehingga siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) dapat pindah ke Sekolah Dasar (SD) di kelas yang sama. Dan ijazah yang dikelarkan oleh madrasah juga diakui sederajat dengan sekolah umum yang setingkat.


Kedudukan madrasah yang setara dengan sekolah umum ditegaskan dalam UU No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam undang-Undang ini disebutkan bahwa posisi madrasah sama dengan sekolah umum yang berciri khas Islam. Karenanya, posisi madrasah tidak dapat dipandang sebelah mata, madrasah harus diperlakukan sama dengan sekolah umum baik dalam prihal pelayanan, penghargaan dan bahkan daya saing siwa-siwinya.

 

Para peneliti yang mengambil lokasi penelitian di Jawa Barat, menungkapkan bahwa akhir-akhir ini madrasah cenderung dinilai tidak memiliki daya saing unggul. Sehingga, peminatnya berkurang, jumlah siswanya semakin sedikit dan bahkan ada sampai lembaganya ditutup.


Peneliti menilai peristiwa ini perlu segera disikapi secara serius oleh berbagai pihak guna menjaga eksistensi pendidikan madrasah itu sendiri. Menurut hasil penelitian mereka, pendidikan madrasah mengalami dekadensi peminat salah satunya disebabkan karena sarana-prasarana yang kurang mamadi dan kurangnya tenanga pengajar yang profesional.

 

Selain itu, juga disebabkan banyaknya lembaga MI yang dibangun berhimpitan dengan lembaga SD, sehingga para siswa lebih memilih SD yang fasilitasnya cukup, pengajarnya profesional dan Bantuan Operasional Siswanya lebih besar ketimbang MI.


Melihat kondisi ini, Asep, dkk, merasa perlu ada perombakan dan penyusunan kembali sistem madrasah, baik dari segi pelayanan, pengajaran, dan bahkan sistem pengelolaan madrasah itu sendiri.

 

Penulis: Ahmad Fairozi

Editor: Kendi Setiawan

 

Tags:

#madrasah#penelitian#Diktis#Kemenag


Tags:

Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG