Perlunya Pengajaran Membaca Bahasa Arab Sejak Dini

Rabu, 12 Februari 2020 08:25 WIB
Pendis

Perlunya Pengajaran Membaca Bahasa Arab Sejak Dini

Kemampuan membaca sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk menambah wawasan dan mendapatkan ilmu. Meski untuk mendapatkan ilmu dan menambah wawasan bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun pintu paling besar untuk mendapatkan ilmu ialah dengan cara membaca.


Kemampuan membaca tentu akan meningkatkan sumberdaya manusia suatu bangsa. Sudah bisa dipastikan ketikan sumber daya manusia meningkat kemajuan dan kejayaan suatu bangsa akan bisa diraih.Hal ini sudah menjadi hukum alam, siapa yang punya banyak wawasan luas akan lebih mudah mendapatkan kejajayaan. Dan, cara terbaik untuk membuka wawasan dan cakrawala dunia adalah dengan cara membaca.


Walaupun membaca itu sangat penting dan juga merupakan perintah pertama Al-Qur'an yang diturunkan kepada nabi Muhammad. Akan tetapi ada suatu paradoks bahwa bangsa Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim, akan tetapi kemampuan membacanya rendah. 

 

Hal demikian karena sejak usia dini, para anak-anak Indonesia kurang ditekankan pentingnya literasi dan membaca. Anak-anak Indonesia yang umumnya duduk di bangku Madrasah Ibtidaiyah atau SD menurut beberapa penelitian memiliki kekampuan rendah.
 

Penelitian yang dilakukan Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS), yaitu studi internasional dalam bidang membaca pada anak-anak di seluruh dunia tentang kemampuan membaca anak. Tahun 2011 PIRLS melakukan studi tentang kemampuan membaca yang mengungkapkan bahwa hanya lima persen siswa Indonesia yang diteliti menunjukkan kemampuan membacanya sampai tingkat high dan advance, sementara lebih dari 30 persen tingkatannya very low, hampir 40 persen hanya tingkat low, dan bahkan hanya 25 persen saja siswa yang mencapai tingkat intermediate.


Hasil survei dari studi Most Littered Nation In the World 2016 yang dilakukan pada tahun 2016 lalu menyatakan bahwa saat ini minat baca masyarakat Indonesia sangatlah rendah. Sebab minat baca di Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara. Rendahnya kemampuan dan minat baca, kebiasaan membaca, disinyalir menjadi faktor utama penyebab rendahnya budaya literasi.


Walaupun penelitian tersebut menunjukkan tingkat kemampuan membaca anak-anak Indonesia rendah akan tetapi beberapa tahun terakhir ada angin segar yang menunjukkan perkembangan bahwa anak-anak Indonesia sudah memulai memiliki kemampuan membaca yang baik terkhusus pada kemampauan membaca bahasa Arab. 

 

Sebuah penelitian yang dilakukan M Sofyan Alnashr dilakukan berkat dukungan bantuan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Dit PTKI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama RI tahun anggaran 2018 berjudul Penilaian Kemampuan Membaca Bahasa Arab Anak Kelas Rendah Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Pati menunjukkan bahwa sebagian besar anak Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Pati memiliki kemampuan membaca bahasa Arab yang baik.

 

Penelitian yang dilakukan dengan mengunakan empat indikator penilaian kemampuan bahasa Arab yaitu mengenal huruf Hijaiyah, membaca huruf berharakat, membaca kata Bahasa Arab dan terakhir membaca kalimat bahasa Arab menunjukan 60 persen siswa tingkat MI (Madrasah Ibtidaiyah) di Kabupaten Pati mempunyai kemampuan yang baik dalam membaca tulisan berbahasa Arab.
 

Tentu hal ini cukup membanggakan untuk menjawab survei di atas yang menyatakan kemampuan membaca anak Indonesia rendah. Ternyata kemampuan anak-anak di daeraha Kabupaten Pati memiliki kemampuan membaca yang baik, terlebih dalam membaca bahasa Arab.


Hal ini tentu membawa dampak positif, karena Bahasa Arab adalah bahasa ilmu pengetahuan yang hampir seluruh keilmuan agama Islam ditulis dengan Bahasa Arab. Dengan berbekal kemampuan membaca bahasa Arab yang baik tingkat anak-anak atau Madrasah Ibtidaiyah, tentu diharapkan mereka akan mampu mempelajari Islam secara mendalam dan komprehensif.

 

Dan, dengan belajar Islam secara komprehensif inilah diharapkan akan bisa menyebarkan ajaran Islam moderat dan mencegah timbulnya pemikiran radikal di kalangan milineal Islam.

 

Penulis: Ahmad Khalwani

Editor: Kendi Setiawan

Tags:

#Diktis#penelitian#Pati#MI#membaca#Bahasa Arab


Tags:

Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG