UIN Sunan Kalijaga Terapkan Tata Persuratan & Tanda Tangan Online

Kamis, 8 Maret 2018 22:14 WIB
Pendis

UIN Sunan Kalijaga Terapkan Tata Persuratan & Tanda Tangan Online

Jakarta (Pendis) - Terhitung sejak awal bulan ini, 01 Maret 2018, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Sunan Kalijaga) menerapkan dan memberlakukan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) atau Tata Persuratan Online dan Penggunaan Sistem Tanda Tangan Elektronik.

"Dasar hukum penerapan sistem online untuk kearsipan dan tata persuratan ini mengacu kepada Undang-Undang Nomor 11 tahu 2008 tentang Informasi dan Transaksi Eletronik. Kebijakan ini akan digunakan untuk tata persuratan dan kearsipan pada internal UIN Sunan Kalijaga dan surat-surat yang ditujukan kepada Kementerian Agama RI," terang Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Sahiron, dalam surat yang ditujukan kepada Menteri Agama RI yang diterima Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kamis (08/03/2018).

Dalam tata persuratan online tersebut, papar Sahiron, tanda tangan pun juga dengan "tanda tangan elektronik" melalui Barcode. "Surat-surat yang dapat menggunakan sistem tanda tangan elektronik meliputi enam belas hal yaitu Surat Tugas, Surat Undangan, Surat Edaran, Surat Instruksi, Surat Naskah Dinas (Surat Umum), Surat Pengumuman, Surat Perintah, Surat Penetapan, Surat Keterangan, Surat Peraturan, Nota Dinas, Memorandum, Surat Kuasa, Surat Perjalanan Dinas, Surat Pengantar, dan Notulen Rapat," ungkap Sahiron dalam keterangan tertulisnya.

Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) adalah aplikasi elektronik berbasis manajemen arsip dinamis untuk praktek perkantoran. SKID ini diprogramkan sejak tahun 2008, dilegalisasi dengan terbitnya Perka ANRI Nomor 15 Tahun 2009 tentang Aplikasi SIKD dan SIKS (Sistem Informasi Kearsipan Statis). SIKD ini diberikan secara gratis kepada Kementrian/Lembaga, Pemerintahan Daerah, Perguruan Tinggi Negeri dan BUMN/BUND. Dan pada tahun 2016, ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) telah melakukan Uji Publik terhadap Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) yang merupakan produk sistem kearsipan yang dibuat oleh ANRI untuk mendapatkan feedback 176 stakeholder dari Kementerian/Lembaga Pemerintah pusat dan daerah, Perguruan Tinggi dan BUMN/BUMD.

UIN Sunan Kalijaga sebagai salah satu Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Agama telah bekerjasama dengan ANRI sejak 5 Desember 2017 tentang adanya SKID ini agar tata persuratan lebih efektif dan optimal. Dan dikarenakan UIN Sunan Kalijaga sudah mempunyai sistem persuratan online maka disinergikan dengan aplikasi SKID adalah suatu keharusan. (@viva_tnu/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
PPG Daljab Kemenag

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kemenag RI

Pendis
UM-PTKIN 2025

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2025

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan