Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry lolos ke final Olimpiade Agama Sains dan Riset (OASE) di Jakarta. 10 Cabang Lolos Final, UIN Ar-Ran

Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry lolos ke final Olimpiade Agama Sains dan Riset (OASE) di Jakarta. 10 Cabang Lolos Final, UIN Ar-Ran

Jakarta (Pendis) --- Sebanyak 27 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry berhasil lolos ke final Olimpiade Agama Sains dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) ke II Tahun 2023 pada 10 cabang lomba.

Pelaksanaan babak final akan berlangsung secara luring di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mulai 14-17 Juni 2023.

Kontingen UIN Ar-Raniry berhasil melewati babak penyisihan Olimpiade Agama Sains dan Riset (OASE) ke II antar PTKI se-Indonesia pada 22-26 Mei 2023 lalu. Kegiatan digelar daring menggunakan Computer Based Test (CBT) dan Virtual Meeting, dan aplikasi penjurian.

"Alhamdulillah, dari 23 cabang yang diperlombakan pada OASE tahun ini,  UIN Ar-Raniry Banda Aceh mampu lolos melaju ke final di 10 cabang lomba," kata Ketua Kontingen  UIN Ar-Raniry, Dr Analiansyah MAg dalam keterangan tertulis, Selasa (13/6/2023) di Jakarta.

Ke-10 cabang lomba tersebut, kata Wakil Dekan III FEBI  UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini, yakni lomba sains pada studi Fisika, Literasi Inovasi Teknologi, Produk Halal dan Ketahanan Pangan, Sosial Keagamaan,  Desain arsitektur Islam, Robotik dan Programming, Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Musabaqah Qiraatul Kutub dan Musabaqah Fahmil Al-Qur’an.

Sementara itu, Rektor  UIN Ar-Raniry Banda Aceh  Prof Dr Mujiburrahman MAg sangat mengapresiasi capaian para kontingen yang sudah berkompetensi secara maksimal dan terus berupaya meningkatkan kreativitas dan menumbuhkan inovasi sehingga berhasil lolos ke babak final dalam ajang OASE ke II yang diselenggarakan di  UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Prof Mujib berpesan kepada para kontingen agar menjunjung tinggi kejujuran dan sportivitas dalam ajang bergengsi di lingkungan PTKI ini.

"Alhamdulillah pada OASE pertama yang diselenggarakan di  UIN Ar-Raniry, kita mampu meraih juara umum, kita berharap para kontingen  UIN Ar-Raniry Banda Aceh mampu memperoleh hasil yang maksimal pada  OASE PTKI ke II ini," kata Prof Mujib.

Lebih lanjut, Mujib berharap semoga ajang tahunan ini sebagai wahana untuk menggali potensi para mahasiswa dengan terus bersinergi, dan berkolaborasi dalam upaya  peningkatan kompetensi baik hard skill maupun softskill mahasiswa.

"Selamat berkompetisi, semoga mendapatkan hasil terbaik dan mengharumkan nama  UIN Ar-Raniry," harapnya. []