UIN Ar-Raniry dan Kominfo Sepakat Jalin Kerja Sama Strategis di Bidang TIK

UIN Ar-Raniry dan Kominfo Sepakat Jalin Kerja Sama Strategis di Bidang TIK

Jakarta (Pendis) — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI dan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh sepakat menjalin kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kominfo Mira Tayyiba dan Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Mujiburrahman di Ruang Press Room, Lantai 1 Gedung Utama Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (15/7/2024).

Penandatanganan MoU ini turut disaksikan oleh Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria serta pejabat dari Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kominfo.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria, dalam sambutannya berharap Nota Kesepahaman ini dapat menjadi momentum penting dalam mendorong pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang digital. Khususnya dalam menyelenggarakan pelatihan literasi digital dasar hingga kecakapan digital lanjutan, yang esensial untuk dikuasai baik oleh sivitas Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh maupun masyarakat umum.

"Guna memastikan keberlanjutan pengembangan SDM digital, Nota Kesepahaman ini tidak hanya mencakup kerja sama dalam pengembangan literasi dan kecakapan digital saja. Nota Kesepahaman ini juga memayungi kerja sama dalam pelatihan sivitas UIN Ar-Raniry Banda Aceh untuk dapat menjadi trainers atau Pandu Digital, yang akan mengembangkan ekosistem digital di masyarakat Aceh," ujar Nezar Patria.

Harapannya, para Pandu Digital dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh dapat mengabdikan diri dalam upaya kolaboratif memajukan SDM digital Tanah Air. Dengan terus mengembangkan kemampuan digital yang dimiliki sekaligus membagikannya kepada masyarakat, mereka diharapkan menjadi katalisator inovasi dan pertumbuhan bangsa.

"Saya berharap kerja sama dan hubungan baik yang kita jalin pada pagi ini, khususnya dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di era digital, dapat menjadi katalisator yang mampu mendorong inovasi, pertumbuhan, dan keberlanjutan bangsa kita. Bersama-sama, kita dorong kemajuan digital bangsa Indonesia menuju Indonesia Emas 2045," pungkas Nezar Patria.

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Mujiburrahman, menyatakan bahwa kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merupakan langkah strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya Aceh terutama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.

“Kami sangat antusias dengan adanya kerja sama ini dan berharap dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat melalui program-program pengabdian yang akan kami jalankan bersama Kominfo,” ujar Mujiburrahman.

Kerja sama ini mencakup beberapa ruang lingkup, termasuk peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia melalui pelatihan dan workshop bersama, kolaborasi dalam penelitian dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, serta pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat yang fokus pada literasi digital dan pemanfaatan teknologi untuk kesejahteraan sosial.

"Ruang lingkup MoU meliputi pengembangan sumber daya manusia bidang komunikasi dan informatika, penyelenggaraan kegiatan literasi digital, pelaksanaan edukasi publik dan diseminasi informasi, digital ethics", ungkap Mujib.

"Penandatanganan nota kesepahaman ini menjadi langkah awal dari berbagai program dan kegiatan yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak dalam waktu dekat," tambah Mujiburrahman.

Mujiburrahman juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kominfo RI atas perhatian besar yang diberikan kepada UIN Ar-Raniry Banda Aceh melalui berbagai program yang telah dijalankan selama ini, seperti Program Seminar Literasi Digital, Bedah Buku, Program Digital Entrepreneurship Academy, Kuliah Umum bersama Wakil Menteri Kominfo, dan Forum Moderasi Beragama yang akan dilaksanakan pada 18 Juli 2024 mendatang.

"Semoga sinergi ini terus berlanjut, dan UIN Ar-Raniry Banda Aceh dapat terus berkolaborasi dengan Kementerian Kominfo RI untuk mencapai tujuan bersama, yaitu melahirkan talenta digital dan mendukung transformasi digital di Aceh sesuai dengan visi dan harapan pemerintah," harapnya. [Arkin ]


Tags: # UIN