1.054 pelajar Akan Ikut Ragam Perlombaan Pentas PAI IX

1.054 pelajar Akan Ikut Ragam Perlombaan Pentas PAI IX

Makassar (Pendis)- Sebanyak 1.054 pelajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat akan mengikuti Ragam perlombaan dalam Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) ke IX yang akan digelar Direktorat Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI di Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan pada 9 hingga 14 Oktober 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Ditjen Pendidikan Islam, Rohmat Mulyana Sapdi di saat rapat koordinasi persiapan jelang kegiatan Pentas PAI IX di Makassar, Minggu (6/10/2019).

"Kegiatan mengusung tema "Keberagamaan Generasi Milenial Yang Moderat" dimaksudkan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, yaitu mewujudkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab," ucap Rohmat.

Menurutnya, melalui kegiatan ini diharapkan dapat terjaring bibit unggul dan berprestasi sebagai tolok ukur kualitas pembinaan Pendidikan Agama Islam pada satuan pendidikan, dan meningkatnya keberanian dan kemandirian peserta didik dalam menumbuhkan bakat dan minatnya. Juga agar mampu menciptakan tradisi kegiatan keagamaan peserta didik yang relevan dan kontekstual. Peserta yang mayoritas adalah pengurus organisasi Rohis (Rohani Islam) di sekolah masing-masing akan mendapatkan pengalaman bagaimana seharusnya cara ber Islam yang moderat.

Desain kegiatan ini adalah untuk menginternalisasi nilai-nilai ajaran Islam sehari-hari dalam bentuk lomba. "Ide-ide pluralisme akan masuk dalam tema-tema perlombaan seperti dalam lomba pidato, debat, nasyid, dan cerdas cermat," tuturnya. (Hikmah)


Tags: