13 Guru & Tenaga Kependidikan ikuti Tes Asesmen Psikologis Kepala MAN IC Gorontalo

13 Guru & Tenaga Kependidikan ikuti Tes Asesmen Psikologis Kepala MAN IC Gorontalo

Jakarta (Pendis) -- Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, hari ini Senin (24/08), menggelar tes Psikologis bagi 13 calon Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Gorontalo. Tes digelar secara online dengan peserta berada di masing-masing daerah.

 

Direktur GTK Madrasah, Suyitno mengatakan, bahwa tes asesmen psikologis merupakan kelanjutan dari tahapan serangkaian tes bagi calon kepala MAN IC Gorontalo. 

 

“Tes Asesmen Psikologis dilaksanakan hanya sehari, dengan komposisi terdiri dari Psikotes untuk mengetahui potensi, sikap kerja, dan keperibadian calon kepala madrasah. Selain itu ada tes untuk mengetahui kemapuan Problem Analysis dan diskusi Kelompok.,” ujar Suyitno di Jakarta, Senin (24/08).

 

Dikatakan Suyitno, dalam melakukan tes asesmen psikologis, Direktorat GTK Madrasah bekerjasama dengan Pusat Layanan Psikologi (PLP) Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sedangkan untuk wawancara tahap terakhir dilakukan oleh tim Internal Ditjen Pendidikan Islam.

 

Kepala Seksi Bina GTK MA, Rusdi Batun menerangkan ada sembilan titik Lokasi tes Asesmen Psikologis kepala MAN IC Gorontalo, yaitu Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sumatera Utara, MAN IC Tapanuli Selatan, MAN IC Bengkulu, MAN IC Serpong, MAN IC Gorontalo, Kankemenag Sumenep Jawa Timur, Kankemenag Kab Temanggung Jawa Tengah, MAN IC Palu, dan Kankemenag Wakatobi.

 

“Peserta seleksi secara daring, diawasi oleh langsung oleh Kepala Seksi Tenaga Kependidikan Kanwil Kemenag dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah di Kankemenag kab/kota setempat,” tutur Rusdi.

(MY)


Tags: