Siswa MAN 1 Banda Aceh sedang mengikuti seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Siswa MAN 1 Banda Aceh sedang mengikuti seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Banda Aceh (Pendis) - Sebanyak 189 siswa MAN 1 Banda Aceh berhasil lulus di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik nasional melalui jalur SNBP dan SNBT tahun 2023. Dengan rincian 58 siswa lulus di jalur SNBP dan 131 siswa jalur SNBT.

Para siswa tersebut tersebar di berbagai universitas favorit di antaranya di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, dan IPB University.

Kemudian di Universitas Pendidikan Indonesia, UPN Veteran Yogyakarta, UPN Veteran Jakarta, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Universitas Syiah Kuala, dan beberapa kampus terbaik lainnya.

Selain jumlah tersebut, sebanyak 231 siswa juga telah lulus di berbagai Universitas Islam Negeri (UIN) melalui jalur SPAN-PTKIN 2023. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh Abrar Zym , melalui Kepala MAN 1 Banda Aceh Nursiah, menyampaikan total 420 siswa telah diterima di PTN.

"Sejauh ini total siswa yang lulus di PTN dan PTKIN seluruhnya berjumlah 420 siswa 347 siswa kelas XII. Jumlah Siswa yang lulus melebihi total siswa kelas XII karena banyak siswa lulus lebih dari satu universitas. Ini belum termasuk siswa yang sedang mengikuti seleksi sekolah kedinasan dan jalur prestasi lainnya," jelas Nursiah.

Sejak ditetapkan sebagai madrasah unggulan nasional bidang akademik pada 2021 lalu, MAN 1 Banda Aceh terus berbenah. Kualitas lulusan menjadi konsen utama pada program percepatan peningkatan mutu sekolah itu.

Selain itu, MAN 1 Banda Aceh juga fokus pada program olimpiade sains. Di mana pada 2022 lalu berhasil menyumbangkan satu-satunya medali emas OSN tingkat Nasional bagi Aceh. Kemudian pada tahun ini juga berhasil meloloskan 21 siswanya ke Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi (OSN-P), dan masih menunggu pengumuman selanjutnya.

"Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh tim yang telah bekerja keras selama ini. Terutama kepada tim pelaksana program unggulan akademik derta para pengajar bimbingan UTBK-SNBT," pungkasnya. (Amru Sujud)