3 Madrasah Raih Penghargaan Terbaik Pekan Imunisasi Dunia

3 Madrasah Raih Penghargaan Terbaik Pekan Imunisasi Dunia

Jakarta (Pendis)--World Health Assembly (WHA) sejak Mei 2012 telah memprakarsai Pekan Imunisasi Dunia yang dilaksanakan pada tiap minggu ke-4 bulan April (24 – 30 April). Hingga saat ini, Pekan Imunisasi Dunia telah dilaksanakan oleh lebih dari 180 negara melalui pelaksanaan berbagai kegiatan. Tahun  2023 ini, ada 3 madrasah yang menerima penghargaan hasil terbaik Pekan Imunisasi Dunia (PID) dan Sekolah Sehat 2023, hal ini disampaikan Direktur Direktorat Kurikulum, Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (Kskk) Madrasah, Moh Isom di Jakarta, Minggu (07/05/2023).  

“Alhamdulillah, Madrasah sangat peduli dan konsen terhadap pelaksanaan Pekan Imunisasi,dan berhasil memperoleh penghargaan, artinya madrasah tersebut sebagai madrasah dengan cakupan imunisasi rutin tertinggi Triwulan tahun 2023 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI),”ucap Isom.

Menurut Isom, pada Pekan Imunisasi Dunia (PID) tahun 2023 dan pelaksanaan lomba penghargaan sekolah sehat dengan tema “Ayo Lindungi Diri, Keluarga dan Masyarakat dengan Imunisasi Lengkap”.

Kementerian Agama mendaftarkan 3 Madrasah Ibtidaiyah (MI) untuk mengikuti seleksi, yaitu MIN 2 Jepara, MIN 2 Sukoharjo dan MIN 8 Jaksel yang ketiga nya memperoleh peringkat terbaik 1, 2 dan 3.

Lebih lanjut Isom menambahkan, bahwa Madrasah yang diikutkan lomba merupakan madrasah yang sudah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, diantaranya bahwa madrasah tersebut merupakan sekolah sehat (sehat bergizi, sehat fisik, sehat imunisasi) dan capaian hasil pelaksanaan BIAS lebih dari 95% selama 3 tahun berturut-turut.

Selain itu, Madrasah tersebut juga memiliki catatan capaian cakupan imunisasi BIAS lengkap, peserta didik kelas 6 sudah mendapatkan imunisasi sejak di kelas 1, kelas 2 dan kelas 5 dan juga memiliki strategi, inovasi termasuk kolaborasi dan kemitraan dengan institusi lain yang terkait serta memiliki dokumentasi, catatan atau laporan pelaksanaan BIAS di satuan pendidikan sebagai data dukung, ungkapnya.

Isom mengapresiasi capaian madrasah ini, yang pastinya akan sangat bermanfaat menjaga Kesehatan anak-anak di masa mendatang  terlebih  imunisasi dasar sangat penting untuk mencegah penyakit yang dapat dicegah lebih dini dengan imunisasi, tambahnya.

Penghargaan Sekolah Sehat Imunisasi dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada acara Puncak Peringatan Pekan Imunisasi Dunia tahun 2023 disampaikan di Auditorium Siwabessy lt. 2 Gedung Sujudi Kementerian Kesehatan Jl. HR. Rasuna Said Blok X-5 Kavling 4-9 Jakarta dan dihadiri langsung oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, perwakilan Kemenag RI, WHO (World Health Organizazion)  dan UNICEF (United Natios International Children's Emergency Fund), Minggu (07/05/2023).

Serangkaian kegiatan untuk menyemarakkan acara Pekan Imunisasi Dunia (PID) telah dilaksanakan di tingkat pusat dan daerah sejak bulan Maret 2023 dan melewati proses penilaian dewan juri. Berbagai lomba seperti kompetisi penulisan imunisasi, dokumentasi dan foto kegiatan imunisasi, video inovasi kegiatan imunisasi bagi wanita usia subur, video testimoni keamanan suntikan ganda, Kab/Kota yang mencapai target imunisasi rutin, dan penghargaan sekolah sehat imunisasi telah diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, tutupnya.