Kakanwil Kemenag Bangka Belitung didampingi Kabid Penmad Kanwil Kemenag Babel dan Kepala MAN IC Bateng saat memberi pengarahan pada upacara pembukaan

Kakanwil Kemenag Bangka Belitung didampingi Kabid Penmad Kanwil Kemenag Babel dan Kepala MAN IC Bateng saat memberi pengarahan pada upacara pembukaan

Babel (Pendis)— Sebanyak 354 peserta mengikuti Computer Based Test (CBT) Seleksi Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Bangka Tengah (Bateng) pada 25—26 Februari 2023.

 Tes dilaksanakan di dua lokasi yaitu MAN IC Bangka Tengah  dan  MTsN 1 Belitung Timur dengan jumlah 329 di titik lokasi MAN IC Bateng, dan 25 peserta di Belitung Timur.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung, Tumiran Ganefo saat upacara pembukaan CBT SNPDB mengatakan, MAN IC Bateng adalah salah satu madrasah unggulan Kementerian Agama.

“MAN IC Bangka Tengah ini adalah madrasah unggulan yang telah banyak menorehkan prestasi di tingkat kabupaten hingga nasional dalam berbagai bidang.  Sudah sepatutnya jika peserta ujian bersungguh-sungguh mengikuti CBT SNPDB,” katanya.

Ia menambahkan, CBT SNPDB adalah seleksi yang diselenggarakan serentak secara nasional dengan tingkat transparansi dan akuntabilitas yang sangat tinggi.

“Di MAN IC ini, tidak ada istilah titipan orang dalam. CBT SNPDB ini benar-benar murni untuk menjaring 96 orang yang akan resmi menjadi siswa MAN IC Bateng. Oleh karena itu, saya minta agar perserta ujian mengedepankan kejujuran dan integritas.”

Sementara itu, Kepala MAN IC Bangka Tengah, Musran meminta agar peserta ujian memanfaatkan waktu yang disediakan secara optimal.

“Waktu yang disediakan untuk mengerjakan soal sangat panjang dari pukul 07.30 WIB—11.30 WIB pada sesi pertama, dan pukul 13.00 WIB—17.00 WIB pada sesi ke dua. Gunakan waktu sebaik mungkin dan mengerjakan soal dengan penuh konsentrasi,” imbaunya.

Selain itu, Musran juga mengingatkan agar peserta tidak terpengaruh pada peserta lain yang lebih dulu menyelesaikan CBT.

“Para peserta harus fokus mengerjakan soal-soal tes potensi akademik dan tes potensi belajar. Jangan sampai terpengaruh hingga hilang konsentrasi saat melihat peserta lain sudah menyelesaikan CBT,” pintanya.

Musran berharap, CBT SNPDB MAN IC Bangka Tengah berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang baik.

“Siapapun yang sudah berjuang menjadi siswa MAN IC Bateng adalah orang-orang pilihan. Apapun hasilnya nanti tentunya adalah yang terbaik bagi MAN IC Bateng dan para peserta.”

Berdasarkan pantauan di dua titik lokasi, pelaksanaan CBT SNPDB MAN IC Bangka Tengah berjalan lancar.