446 Siswa Madrasah Siap Berkompetisi di KSM dan Myres

446 Siswa Madrasah Siap Berkompetisi di KSM dan Myres

Kendari (Pendis)--Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional akan digelar di Kendari Sulawesi Tenggara pada 3-7 September 2023. KSM Tingkat Nasional diikuti oleh juara pertama KSM Tingkat Provinsi untuk setiap bidang lomba.

KSM yang yang digelar sejak tahun 2012 oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI akan dilaksanakan berbarengan dengan Young Reseacher Supercamp (Myres) dan Science Expo Madrasah.

“Sebanyak 446 peserta akan bertanding pada gelaran Kompetisi Sains Madrasah, ada 374 peserta KSM dan 72 peserta Young Reseacher Supercamp (Myres),” hai ini diungkap Plt. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Sidik Sisdiyanto.

Menurutnya KSM sebagai ajang kompetisi melahirkan talenta terbaik di bidang sains. “Kesempatan bagi semua siswa siswi Madrasah untuk berkompetisi dan juga dapat melatih membangun budaya kompetitif yang sehat di lingkungan Madrasah,”ujar Sidik yang merupakan Sekertaris Menteri Agama RI ini, Minggu siang (3/09/2023).

Selain itu, Melalui ajang KSM ini, nantinya diharapkan menghasilkan siswa madrasah yang lebih unggul di bidang sains sekaligus penguasaan ilmu keagamaan yaitu agama Islam, ini merupakan keunggulan KSM, yang mana  Ilmu Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, kita integrasikan dengan Ilmu Agama Islam dalam soal-soal yang ada di KSM, pungkas Sidik.