Direktur PAI, Amrullah memantau pelaksaan UP PPG di LPTK UIN Bandung

Direktur PAI, Amrullah memantau pelaksaan UP PPG di LPTK UIN Bandung

Bandung (Dit. PAI), Ujian Pengetahuan PPG Dalam Jabatan Batch 3 berlangsung pada tanggal 28 Januari 2023. Direktur Pendidikan Agama Islam,  Amrullah menyatakan, ada 6291 guru PAI yang mengikuti UP PPG Batch 3.

“Sejak awal kita dorong agar guru PAI mempersiapkan UP sebaik mungkin. agar bisa lulus, memperolah sertifikat pendidik, dan tunjangan profesi guru.“ terangnya saat memantau proses pengawasan UP di Bandung, Sabtu (28/1).

Amrullah menambahkan, Direktorat PAI terus berkomunikasi dengan LPTK dan juga Kanwil Kemenag Provinsi untuk mempersiapkan peserta dengan baik. “Kita dorong peserta PPG dapat memperolah bimbingan dan menguasai materi-materi secara lebih dalam, karena itu LPTK kita ajak untuk pro aktif,” ungkapnya.

“Kanwil Kamenag Provinsi juga kita arahkan untuk memantau kesiapan peserta UP PPG di daerahnya masing-masing,” imbuh pria asal Banten ini.

Lebih lanjut Amrullah memastikan, upaya peningkatan profesionalitas guru PAI melalui PPG terus berlanjut salah satunya dengan terobosan skema pembiayaan PPG.

“Selain APBN, sejak tahun 2021 pembiayaan PPG telah melibatkan Pemerintah Daerah. Sementara PPG Guru PAI Batc 3 saat ini sebagian pembiayannya berasal dari LPDP,” ungkap alumni UIN Jakarta ini. 

Dengan keterlibatan banyak pihak lanjut Amrullah, akan lebih banyak guru PAI yang terakomodir dalam mengikuti PPG Dalam Jabatan. Dukungan banyak pihak ini akan menjadi langkah akseleratif dalam peningkatan profesionalitas dan kesejahteraan guru PAI.

“Dengan langkah tersebut akan semakin banyak guru PAI yang kompeten, profesional dan sejahtera dan ke depan penyelenggaraan PAI di sekolah akan semakin berkualitas,” harapnya. (TM PAI).