Sebanyak 71 siswa MAN 1 Darussalam Ciamis lulus SPAN-PTKIN tahun ini.

Sebanyak 71 siswa MAN 1 Darussalam Ciamis lulus SPAN-PTKIN tahun ini.

Ciamis (Pendis) - Sebanyak 71 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Darussalam dinyatakan lulus ke Perguruan Tinggi Keagaaman Islam Negeri (PTKIN) melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional- Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2023.

SPAN PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN, IAIN dan STAIN dalam satu sistem yang terpadu. Seleksi tersebut diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

SPAN-PTKIN adalah pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dalam satu sistem yang terpadu. SPAN-PTKIN mensyaratkan nilai rapor serta prestasi siswa dalam penilaiannya.

Adapun perguruan tinggi yang masuk dalam SPAN PTKIN adalah UIN (Universitas Islam Negeri), IAIN ( Institut Agama Islam Negeri), STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) atau PTN dengan Program Studi keagamaan, diselenggarakan secara serentak, seleksi ini dinaungi oleh Kementerian Agama (Kemenag) dan biaya pendaftaran ditanggung oleh pemerintah atau gratis. Dalam laman resminya, SPAN PTKIN diikuti oleh 59 PTKIN.

Kelulusan peserta didik masuk PTKIN melalui jalur prestasi pada tahun 2023 mengalami peningkatan yang cukup banyak yaitu penambahan 20 siswa dibanding SPAN-PTKIN 2022 sekitar 51 peserta didik yang lolos.

“Alhamdulillah, 71 siswa dari MAN 1 Darussalam Ciamis dinyatakan lolos seleksi lewat jalur prestasi akademik tahun 2023, hal ini mengalami peningakatan sekitar 20 orang peserta didik yang lolos dibanding 2022 sebanyak 51 orang,” kata Kepala MAN 1 Darussalam Ciamis, Idan Nurdiana, Selasa (4/4/2023).

Ia menambahkan, atas nama madrasah dan seluruh dewan guru menyampaikan aparesiasi  kepada peserta didik yang lolos SPAN- PTKIN,karena memiliki  kesempatan kuliah di jalur perguruan tinggi  negeri dan bagi yang belum kesempatan lolos melalui jalur prestasi masih ada kesempatan jalur lain untuk berkuliah di Universitas Negeri.

“Saya mengucapkan selamat kepada peserta didik yang lolos, dan segeralah melakukan registrasi ke kampus masing-masing, dengan memanfaatkan skema beasiswa secara kompetitif yang diatur oleh masing-masing kampus PTKIN,”ujarnya.