976 Siswa Ramaikan Porseni Tingkat MA se-Kabupaten Tuban

976 Siswa Ramaikan Porseni Tingkat MA se-Kabupaten Tuban

Kab.Tuban(Pendis)--Sebanyak 976 siswa madrasah aliyah se kabupaten Tuban meramaikan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tingkat kabupaten yang digelar oleh KKM (Kelompok Kerja Madrasah) Aliyah, Senin (7/8/2023). Acara dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Tuban didampingi oleh Kasi Pendidikan Madrasah dihalaman MAN 2 Tuban.
 
Kepala Kemenag Tuban Ahmad Munir, dalam sambutannya
memberikan apresiasi kepada KKM MAN 1 dan MAN 2 Tuban atas terselenggaranya acara ini. "Ajang ini selain kompetisi juga mengandung makna silaturahmi antar madrasah satu dengan lainnya," ujarnya.

Tak lupa pria tegas ini juga memberikan motivasi agar pelaksanaan Porseni dapat berjalan lancar dan sukses. Ia berpesan kepada Panitia, Dewan Hakim dan Dewan Juri supaya jujur, adil dan jangan ada yang merasa dirugikan.
"Tunjukkan madrasah yang hebat bermartabat di bidang olahraga dan seni, gali potensi tunjukkan bakat masing masing, yang sesuai keahlian," ujarnya.

"Jangan minder dengan sekolah, madrasah terbukti bisa lebih baik dan sudah menjadi pilihan utama, bukan pilihan kedua," sambungnya. Ia berharap setelah pelaksanaan tingkat kabupaten bisa masuk tingkat provinsi dan lanjut ke tingkat nasional. 

Sementara itu,  Komite KKM Aliyah, Tasmo yang juga Kepala MAN 2 Tuban menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 7-9 Agustus.
Adapun cabang seni yang dilombakan adalah 11 cabang yaitu MTQ, Fahmil Qur'an, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab, Cipta Baca Puisi,  Singer, Tahfidz Qur'an 10 juz, Kaligrafi dan Desain Grafis dengan jumlah total peserta lomba 278 siswa.

"Sedangkan cabang olahraga yang dilombakan ada 21 cabang olahraga yaitu atletik, bulutangkis, tenis meja, catur, pencak silat, seni bola voli dan futsal dengan jumlah total peserta 698, sehingga jumlah total siswa yang mengikuti Porseni 976 siswa dari 42 madrasah dengan rincian KKMA Tuban 1 ada 27 MA dan KKMA Tuban 2 ada 15 MA," tukasnya. 

Acara pembukaan Porseni MA ini ditandai dengan pelepasan balon ke udara dan usai membuka acara Kakankemenag Tuban di dampingi Kasi Pendidikan Madrasah, Pengawas dan Kepala MAN 1 dan 2 melihat seluruh benua cabang yang dilombakan. (lai)