Almer Abiyyu Ahmad Siswa MAN 1 Pasuruan Raih Medali Emas di Ajang International Youth Robot Competition 2023 ASEAN

Almer Abiyyu Ahmad Siswa MAN 1 Pasuruan Raih Medali Emas di Ajang International Youth Robot Competition 2023 ASEAN

Johor Baru (Pendis) - Siswa kelas X.2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pasuruan Almer Abiyyu Ahmad baru saja meraih medali emas dalam ajang Internasional Youth Robotic Competition yang berlangsung pada 3-5 Juni di Educity Sport Complex Johor Baru Malaysia. 

Dalam perlombaan robot tersebut, Almer bertanding di kategori creative, robot yang dibuatnya menggunakan reaksi kimia antara betadine sebagai simulasi penyebab keruhnya air, dan vitacimin sebagai ekstract penjernih air. Robot yang dibuatnya menggunakan sensor cahaya ketika air dalam kondisi keruh, maka sensor tersebut akan mengarah pada intruksi untuk menjernihkan air dengan menggunakan vitamin C tersebut.

"Ada robot yang mengaduk air yang keruh tersebut melalui sensor cahaya. Kita pakai reaksi kimia antara betadine dengan vitacimin dan hasilnya luar biasa," katanya.

“Saya bersyukur dan cukup senang atas medali emas yang diraih, namun saya tidak akan berhenti sampai di sini, saya akan berusaha lebih baik lagi di perlombaan yang akan datang demi membawa nama baik madrasah dan Negara Indonesia di kancah Internasional," ujarnya lebih lanjut.

Kepala MAN 1 Pasuruan Nasrudin,  menyambut positif prestasi yang diperoleh siswanya.   “Alhamdulillah ini bukti pembinaan dan kaderisasi ekstra robotic di MAN 1 Pasuruan berjalan lancar, terstruktur dan terencana, ” kata Nasrudin.