Khoril Imam (kanan) bersama delegasi Indonesia dan Duta Besar Indonesia untuk Maroko, Hasrul Azwar.

Khoril Imam (kanan) bersama delegasi Indonesia dan Duta Besar Indonesia untuk Maroko, Hasrul Azwar.

Babel (Pendis)—Khoril Imam, alumni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Bangka Tengah (Bateng) menjadi perwakilan Indonesia pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat internasional di Maroko pada 12—18 September 2023.

Khoiril Imam yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Qur’an di Jakarta mengatakan, ia mewakili Indonesia untuk tahfiz 5 juz. Ia terpilih karena menjadi juara dua pada ajang hifzil qur’an 5 juz di Banjarmasin pada 2022.

“Saya mewakili Indonesia pada ajang MTQ internasional dengan penuh rasa haru dan optimis dapat memberikan yang terbaik untuk tanah air,” katanya.

Ia mengatakan telah melakukan persiapan yang maksimal agar menampilkan performa terbaik pada ajang tingkat dunia tersebut.

“Saya berlatih mulai dari melancarkan hafalan, tilawah, dan tentunya berdoa kepada Allah agar memudahkan segala urusan saya,” ujar alumni asal Desa Celuak, Bangka Tengah itu.

Alumni angkatan III MAN IC Bangka Tengah itu mengungkapkan tampil pada ajang MTQ internasional adalah impiannya sejak kecil. “Banyak orang yang telah memotivasi saya sehingga sampai pada titik ini. Motivasi utama adalah orang tua dan guru tilawah saya sewaktu kecil yang benar-benar memberi inspirasi sehingga saya bercita-cita tampil pada MTQ internasional,” kenangnya penuh haru.

Lebih lanjut Khoiril berpesan kepada adik-adik di MAN IC Bangka Tengah untuk terus memegang teguh niat bahwa belajar adalah ibadah dan prestasi adalah dakwah agar terus termotivasi menjadi pribadi yang lebih baik.

Sementara itu, Kepala MAN IC Bangka Tengah, Ahmad Sukri Ahkap mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi kepada Khoril Imam yang telah mengharumkan nama Bangka Belitung di kancah internasional.

“Prestasi ini merupakan suatu kebanggan bagi MAN IC Bangka Tengah yang diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi peserta didik yang saat ini masih menimba ilmu untuk mengembangkan potensi diri dengan optimal,” katanya, Kamis (14/09/2023).