Pengembang Teknologi Pendidikan Kanwil Kemenag Prov Sulsel, Qasim memantau peserta KSM

Pengembang Teknologi Pendidikan Kanwil Kemenag Prov Sulsel, Qasim memantau peserta KSM

Makassar (Pendis) - Antusiasme peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2022 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tampak begitu tinggi. Hal ini ditandai dari ramainya peserta dan pendamping yang mulai bertadangan sejak pukul 6.30 WITA ke lokasi KSM yang dipusatkan di MAN 2 Kota Makassar.

"Sangat ramai, terutama pada hari pertama tanggal 10, bahkan sebelum jam tujuh perserta udah mulai berkumpul di MAN 2 karena kita pusatkan di sini," kata Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan, Rappe di MAN 2 Kota Makassar, Minggu (11/9/2022).

Tahun ini, ada sebanyak 755 peserta yang ikut berkompetisi yang terdiri dari MI/SD 142 peserta, Mts/SMP 213 peserta dan dari jenjang MA/SMA ada sebanyak 400 peserta.

Bahkan kata Rappe, tidak sedikit dari peserta yang miliki lebih dari satu pendamping, bahkan hingga 10 pendamping turut serta. "Satu peserta bisa sampai 10 pendamping sehingga tingkat keramaian ditambah dengan itu, nah itu nyaris menjadi sebuah budaya," jelasnya.

Meskipun dipadati oleh lautan manusia, KSM tingkat Provinsi Sulsel berjalan lancar. Hal ini tak terlepas dari rangkaian acara yang disederhakan sehingga tepat waktu.

Menurutnya, meningkatkan antusiasme dari para peserta dikarenakan sudah dua tahun terakhir KSM ini diselenggarakan secara online dan terbatas akibat pandemi. "Karena saat itu memang ada pembatasan yang kedua memang kita bisa berinteraksi satu sama lain," imbuhnya.

"Kita berharap ada peningkatan di setiap tahunnya, meskipun namanya lomba pasti ada saja yang tereliminasi tapi pada hakikatnya kita berharap semakin tahun semakin bagus bila mungkin 11 peserta yang terpilih dari 755 peserta, itulah yang terbaik dan tidak bisa menganggap diri sebagai dilegasi dari madrasah atau kabupatennya tetapi harus ingat kalau mereka membawa nama besar Sulawesi Selatan."

Sementara itu, Nurdiana salah seorang pendamping dari MTsN 1 Tana Toraja, mengatakan para peserta yang ia dampingi cukup antusias dalam mengikuti kompetisi ini. "Antusias anak-anak cukup bersemangat, mereka cukup percaya diri bahwa bisa mewakili kabupaten untuk juara," katanya.

Tak hanya Nurdiana, Kepala Mts Nurul Yaqin, Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Mulyati mengaku hal serupa. Meskipun bersal dari derah yang cukup jauh dari Kota Makassar, namun tidak membuat semangat para peserta menurun.

"Mereka sangat semangat untuk datang kemari mengikuti KSM tahun ini, meskipun harus menghabiskan lebih dari 24 jam di perjalanan karena harus bermalam sebelum kapan berlayar di pagi hari."