Asesmen Madrasah Tahun 2023 Layani Anak Berkebutuhan Khusus

Asesmen Madrasah Tahun 2023 Layani Anak Berkebutuhan Khusus

Jakarta (Pendis)--Asesmen madrasah TP. 2022/2023 untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA) telah dimulai sejak tanggal 13 Maret hingga 8 April 2023 nanti. Madrasah dapat melaksanakan asesmen dalam rentang waktu tersebut. Pada minggu pertama awal pelaksanaan AM telah banyak diikuti oleh MA se-Indonesia.

Pelaksanaan AM diperuntukkan bagi siswa kelas XII jenjang MA termasuk bagi mereka yang berkebutuhan khusus (diffabel). Salah satu madrasah yang melayani diffabel adalah MAN 2 Klaten Jawa Tengah. Mereka dilayani dengan adil tanpa diskriminasi. 

“Penyelenggaraan AM kali ini ada yang menarik perhatian sebab diantara 246 peserta AM ada 3 peserta berkebutuhan khusus (disabilitas tuna netra) yaitu Ivan, Fina & Fini (anak kembar) yang semua dari program IPS. 

Keduanya sangat antusias dan tidak mau kalah dengan peserta yang lain dalam mengikuti AM. Adapun prosesnya, panitia mengirimkan file soal AM dalam bentuk MS Word melalui grup WA. Selanjutnya mereka membuka dan mengunduh file soal tersebut dengan laptop masing-masing dengan WA web. Tetapi sebelumnya dalam HP & Laptop mereka telah terpasang aplikasi JAWS yang bisa membantu mereka dalam mengoperasikan alat tersebut. Aplikasi tersebut dilengkapi dengan layar yang memiliki kemampuan untuk melafalkan teks (text-to-speech) yang ditampilkan atau ada juga yang dengan menerapkan teknologi braille display. 

Selain itu keyboard yang digunakan juga lebih komperhensif dengan kemampuan berinteraksi dengan monitor. Juga dapat dimanfaatkan penggunanya untuk membuat scripts dengan Scripting Language,  yang dapat digunakan untuk mengubah jumlah dan tipe informasi yang bisa dipresentasikan dengan banyak aplikasi” terang Wiyana selaku Kepala MAN 2 Klaten.

Direktur KSKK Madrasah menyambut baik layanan prima madrasah bagi penyandang diffabel. “Semua anak harus dilayani, tidak boleh ada stigma dan perlakuan tidak adil bagi anak, termasuk diffabel. Madrasah harus berdiri untuk semua, melayani dengan ikhlas”, tegas Prof. Isom.

Sejalan dengan Direktur, Dirjen Pendidikan Islam mendukung upaya madrasah yang ramah diffabel “Pendidikan Islam harus melayani semua peserta didik tanpa terkecuali termasuk anak-anak berkebutuhan khusus. Hal ini sebagaimana amanat Undang-Undang Sisdiknas dan sejalan dengan renstra Pendis” tutur kang Ramdhani.

 

Asesmen Madrasah TP. 2022/2023 akan berlangsung dengan rentang. Dimulai sejak Maret hingga nanti berakhir Mei 2023 mulai dari jenjang MA sampai jenjang MI (Mujahid).


Tags: # madrasah