Siswa MAN 1 Darussalam Ciamis Ashil Syam saat menerima piala dari Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah.

Siswa MAN 1 Darussalam Ciamis Ashil Syam saat menerima piala dari Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah.

Darussalam Ciamis (Pendis) - Ashil Syam siswa MAN 1 Darussalam Ciamis berhasil meraih juara II Tenis Lapangan se Jawa Barat pada Open Tournamen Wali Kota Tasikmalaya 2023.

Ashil bertanding pada kategori Kelompok Usia 16 Tahun dan berhasil masuk final dengan mengalahkan kurang lebih 150 peserta dari berbagai wilayah dan klub Tenis Lapangan, di final Ashil dikalahkan oleh peserta yang juga wakil dari Kabupaten Ciamis. 

Keberhasilan Ashil menjadi Juara II tidak terlepas dari latihan yang dilakukanya setiap hari secara disiplin dan konsisten. Tak hanya itu, peran pelatih, orang tua yang terus mensuport serta pihak madrasah juga tentunya memberikan dukungan serta memfasilitasi peserta didiknya yang memiliki bakat dibidangnya masing-masing. Hal tersebut sejalan dengan komitmen madrasah yang selalu mendukung dan mensuport peserta didiknya untuk mengeluarkan potensinya dan berpartisipasi dalam berbagai lomba.

“Bersyukur dan bangga atas apa yang telah diraih saat ini, tentunya perjuangan untuk sampai Juara II membutuhkan proses dan usaha yang panjang tahap demi tahap tidak terlepas dari latihan tiada henti, persiapan matang serta doa dari semua pihak, kegiatan dipesantren juga tentunya menjadi tantangan tersendiri bagaimana saya harus menyempatkan waktu memersiapkan lomba ini dengan maksimal,” akunya.

Ashil sendiri merupakan peserta didik MAN 1 Darussalam Ciamis yang direkrut melalui jalur prestasi oleh raga yaitu Tenis Lapangan dan alumni dari MTs Harapan Baru Pesantren Cijantung.

Peserta didik yang hobi olahraga ini saat diwawancarai Rabu, 30 Agustus 2023 mengaku sangat bersyukur bisa menjadi juara dan didukung oleh orang-orang terdekatnya termasuk sekolah. 

“Saya sendiri tergabung latihan di sebuah club di Ciamis yaitu Galuh Tenis Club dan sudah fokus latihan Tenis Lapangan ini sejak kelas 4 SD, saya bersyukur memiliki orang tua yang support bahkan ikut melatih saya. Tidak lupa saya juga mengucapkan terimakasih kepada Pesantren Darussalam dan sekolah yang memberikan dorongan bagi atlit seperti saya untuk fokus letihan seusuai jadwal ditengah-tengah jadwal pengajian yang berjalan, ya tentu ini membuktikan bahwa saya alhamdulilah tepat memilih sekolah di Darussalam.” pungkasnya.

Selain ikut Open Tournamen Wali Kota Tasikmlaya ini, Ashil juga sering mengikuti berbagai event Tenis Lapangan dimanapun bahkan tingkat nasional, sehingga prestasi terbaiknya ditingkat nasional adalah menjadi Juara 2 Double Tingkat Nasional.

Kepala MAN 1 Darussalam Ciamis Idan Nurdiana, menyampaikan bangga atas bakat yang dimiliki Ashil. Menurutnya, bakat dan potensi harus terus diasah dan dikembangkan, disamping itu mereka juga harus diberikan dukungan untuk mau berkompetisi dan bersaing diberbagai event. 

Tak hanya itu, madrasah tentunya harus memiliki komitmen dalam mendukung para peserta didik yang memiliki potensi dan berani untuk ikut berkompetisi dengan memerikan bimbingan yang intensi.

“Selamat dan Sukses untuk Ananda Ashil yang telah membuktikan diri menjadi yang terbaik dan mampu bersaing dengan peserta yang lain, semoga cita-citanya untuk menjadi atlet Tenis Langan tercapai dan prestasi ini terus dipertahankan bahkan terus ditingkatkan serta memberikan motivasi kepada peserta didik lainya,” tutup Idan.