Atasi Krisis Air, MTsN 1 Rembang Salurkan Bantuan 80.000 Liter Air Bersih di Sejumlah Desa

Atasi Krisis Air, MTsN 1 Rembang Salurkan Bantuan 80.000 Liter Air Bersih di Sejumlah Desa

Rembang (Kemenag) --- Menghadapi krisis air bersih yang melanda di Kabupaten Rembang, MTsN 1 Rembang menyalurkan bantuan 80.000 liter air bersih di sejumlah desa.
Kepala MTsN 1 Rembang, Akhmad Suhadak Solikin mengatakan, kemarau Panjang yang melanda Kabupaten Rembang menjadikan penduduk mengalami kekurangan air. “Kami dengar banyak warga yang mengeluh kekurangan pasokan air bersih untuk mandi, minum, masak dan berjualan. Mereka mengeluh ke aparatur desa masing-masing maupun di sosial media,” kata Suhadak ketika diwawancarai, Jumat (27/10/2023).
Prihatin akan kondisi ini, MTs Negeri 1 Rembang menindaklanjuti kesulitan warga dengan mengirimkan bantuan air bersih ke sejumlah desa. Lokasi bantuan diambil berdasarkan data dari berbagai sumber melalui media sosial dan wawancara langsung ke titik lokasi. 
Suhadak mengatakan, pihaknya telah menyalurkan bantuan 10 tangki air bersih ke sejumlah desa. Masing-masing tangka berkapasitas 8.000 liter air. Desa yang diberikan bantuan antara lain Dukuh Pelem Desa Sendangasri, Kragan, Sluke, Jurang Jero dan Sumbergirang Lasem. “Bantuan langsung kami salurkan ke warga, dan sebagian pondok pesantren,” kata Suhadak. 

Suhadak mengatakan, dana bantuan berasal dari infaq seluruh guru maupun tenaga pendidik. Suhadak mengimbau kepada mereka untuk membantu warga yang kesulitan air, khususnya tempat tinggal yang dihuni oleh siswa-siswi MTsN 1 Rembang baik desa maupun pondok pesantren.
“Mari kita bersedekah memberikan bantuan air kepada warga sekitar. Jika kita lakukan bersama-sama maka yang berat akan menjadi ringan,” ucap Suhadak. 
Suhadak mengatakan, pihaknya masih akan menyalurkan bantuan 10 tangki air bersih lagi dengan kapasitas 8.000 liter air per tangki. “Total nanti ada 20 tangki. Namun jika ada permintaan bantuan lagi, Insya Allah akan kami salurkan lagi,” imbuh Suhadak.
Bantuan disalurkan dengan dikawal langsung oleh Waka Humas MTsN 1 Rembang, Imam Rusmanto. “Alhamdulillah bantuan air ini disambut senang oleh warga sekitar, semoga apa yang kita lakukan mendapat Ridho dari Allah SWT,” ucap Imam Rusmanto.
Salah satu penerima bantuan,  Pengasuh Ponpes Ash- Sholatiyah, Sumbergirang, Lasem, Khorida Mudiah menyampaikan terima kasih atas bantuan 1 tangki air dari MTsN 1 Rembang. “Semoga amal kebaikan diterima oleh Allah SWT,” kata Khorida. – Umi/iq


Tags: # madrasah