Baru di Pentas PAI IX, Lomba Ceris dan KIR PAI

Baru di Pentas PAI IX, Lomba Ceris dan KIR PAI

Makassar (Pendis)- Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan menggelar Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Nasional IX tahun 2019, mulai 9-14 Oktober mendatang.

"Ini merupakan wahana kompetisi antar peserta didik jenjang SD, SMP hingga SMA/SMK dalam keterampilan dan seni islami,"ujar Direktur Pendidikan Agama Islam Rohmat Mulyana,Minggu (6/10/2019).

Kegiatan rutin dua tahunan ini akan mempertandingkan 10 cabang lomba yang meliputi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), pidato, Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ), Cerdas Cermat, Kaligrafi,Nasyid, Debat PAI, Kreasi Busana, Penulisan Cerita Remaja Islami, dan Lomba Karya Ilmiah Remaja, ucapnya.

Lebih lanjut, Rohmat menuturkan bahwa semua tema perlombaan seperti dalam lomba pidato, debat,nasyid, cerdas cermat telah didesain khusus sehingga diharapkan dapat menumbuhkan sikap disiplin, religius dan moderat di lingkungan sekolah. Ia juga mengatakan Pentas PAI ke IX ini berbeda dari kegiatan tahun ini sebelumnya, yaitu bertambahnya dua cabang perlombaan Cerita Remaja Islam (Ceris) dan Karya Ilmiah Remaja PAI yang biasanya diselenggarakan secara terpisah, dengan begitu kegiatan Pentas PAI akan bertambah meriah," jelasnya.

Untuk para finalis lomba Ceris dan KIR PAI telah melalui penilaian tahap awal dan kemudian kita undang untuk ikut hadir di Pentas IX di Makassar, guna proses penilaian penjurian, ujar Rohmat. (Hikmah)


Tags: