Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan bantuan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau SPP kepada 20 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Dato

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan bantuan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau SPP kepada 20 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Dato

Palu (Pendis) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan bantuan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) kepada 20 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah.

Bantuan dalam bentuk beasiswa pembayaran UKT ini dimaksudkan untuk meringankan ebban para mahasiswa di masa pandemi. 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Datokarama Palu, Mohamad Idhan megungkapkan, penerima bantuan ini merupakan mahasiswa semester lima dari empat fakultas di lingkungan UIN Datokarama. "Jumlahnya 20 orang," katanya di Palu, Kamis (23/12/2021).

Setiap mahasiswa menerima bantuan bervariasi, sesuai dengan UKT-nya masing-masing, mulai dari Rp1,1 juta lebih, Rp1,2 juta lebih dan Rp1,5 juta lebih. 

Sebanyak 20 mahasiswa yang dinyatakan layak menerima bantuan beasiswa Baznas akan mendapat biaya UKT mereka hingga semester delapan. Sebelumnya mereka mengikuti seleksi beasiswa yang dilakukan oleh Baznas secara daring.

"Jadi mereka ini mendaftar langsung ke Baznas, kemudian Baznas melakukan seleksi berkas. Hasil seleksi berkas dikirim oleh Baznas ke kami, dan ditindaklanjuti dengan tahapan wawancara," sebut Idhan.

Terdapat dua tahapan proses yang dilewati oleh mahasiswa sebelum dinyatakan layak menerima beasiswa Baznas, pertama seleksi administrasi dan kedua wawancara.

"Ada tim yang dibentuk untuk wawancara peserta, tim itu termasuk saya salah satunya dan Kabag Akademik serta Kasubag Kemahasiswaan dan Alumni," ungkap Idhan.

Ia menambahkan, sebelumnya pada tahun 2019 Baznas juga memberikan beasiswa kepada enam mahasiswa UIN Datokarama. Enam mahasiswa itu juga mendapat bantuan modal usaha dari Baznas.


Tags: # #UIN