Beasiswa Doktor Kemenag 2019 Akan Dibuka Bulan Mei

Beasiswa Doktor Kemenag 2019 Akan Dibuka Bulan Mei

Bogor (Pendis) - Kementerian Agama akan membuka kembali rekrutmen baru Program Beasiswa 5000 Doktor Dalam Negeri. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Imam Safe`i, Kamis (26/04) di Hotel Savero Bogor.

Dalam kegiatan Rapat Koordinator Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) Beasiswa Studi, Imam Safe`i menyampaikan bahwa proses pendaftaran beasiswa tahun 2019 akan dimulai pada bulan Mei. "Sesuai kesepakatan dengan PTP mitra bahwa pendaftaran akan dibuka pada tanggal 5 sampai 31 Mei 2019," ungkapnya.

Imam mengatakan bahwa acara koordinasi antara Kemenag dengan PTP Mitra sangat penting karena terkait kelancaran dan output dari program 5000 Doktor Dalam Negeri. "Rakor PTP Mitra ini harus dimaknai pengabdian, karena kita akan sibuk mengurusi banyak hal, mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, ujian tulis dan wawancara, pencairan anggaran, mengontrol studi agar tepat waktu, dan sampai komplain peserta penerima beasiswa," tuturnya.

Pelaksana tugas (Plt.) Kasubdit Ketenagaan, Mamat S Burhanuddin menilai bahwa dari hasil evaluasi perlu motivasi khusus agar kuantitas lulusan lebih banyak. "Sampai saat ini jumlah lulusan angkatan 2015 dan 2016 baru 25 persen, PTP perlu membuat treatment agar peserta didik cepat lulus, misalnya diadakan kelas khusus untuk penulisan disertasi atau jurnal," imbuhnya.

M. Adib Abdushomad, leading sector program menambahkan bagi calon pendaftar agar mempersiapkan berkas secara cermat. "Berdasarkan pengalaman tahun lalu banyak pendaftar yang salah input berkas, untuk itu agar dipersiapkan lebih baik sesuai dengan juknis," pungkasnya. (ogie/dod)


Tags: