Sekjend Kementerian Agama

Sekjend Kementerian Agama

Tangerang (Pendis) - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Prof Nizar Ali apresiasi transformasi digital Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam yang telah mampu memberikan pelayanan terbaik kepada guru-guru madrasah di seluruh Indonesia melalui Elektronik Penilaian Angka Kredit (E-PAK).

Ungkapan tersebut disampaikan Prof Nizar kala membuka agenda Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Kependidikan yang digelar Direktorat GTK Madrasah di Tangerang, Kamis, 6 April 2023.  Menurutnya melalui Bimtek ini, punggawa Direktorat GTK Madrasah diharapkan mampu mencetuskan ide-ide brilian lainnya, tak lain demi mendukung kemajuan pendidikan dan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan madrasah.

“Dengan adanya transformasi digital ini, guru-guru tidak lagi dihadapkan persoalan yang rumit, sehingga tidak usah capek-capek mengurus dokumen untuk kenaikan pangkat. Melalui aplikasi sudah selesai,” tutur Prof Nizar disambut gemuruh tepuk tangan dari peserta yang hadir. Diantaranya para Kasubdit dan pegawai Direktorat GTK Madrasah.

Pada agenda yang mengambil tema “Sosialisasi Moderasi Beragama Direktorat Guru Dan Tenaga Kepndidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI Tahun Anggaran 2023” ini, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani juga mengingatkan, pengembangan dan kemajuan yang diraih GTK Madrasah kedepan harus terus selaras dengan semagat Moderasi Beragama yang tak henti-hentinya digaungkan Kementerian Agama.

Mengenang sosok Gus Dur, Ali Ramdhani mengajak para pegawai Kementerian Agama khususnya Direktorat GTK untuk bekerja dengan cinta, pasalnya belajar dari Gus Dur, salah satu yang membuat orang berani mati adalah cinta, dimana seseorang rela menukar sesuatu yang paling berharga, demi sesuatu yang lebih berharga seperti Agama dan Kemerdekaan. 

“Jika kita berbicara tentang moderasi beragama yang dimoderasikan itu bukan agamanya, karena agama itu sudah berada pada jalur tengah, tetapi sebagaimana kita mengatur dan meletakkan perspektif cinta,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Guru dan Kependidikan Madrasah, Muhammad Zain menuturkan, kemajuan dan prestasi dalam transformasi digital melalui E-PAK ini tidak lepas dari dorongan yang senantiasa diungkapkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Sekjen Kemenag Prof Nizar Ali, dan Dirjen Pendis, M Ali Ramdhani yang mendukung penuh transformasi digital di lini manapun, yang tak lain adalah demi memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, khususnya guru dan tenaga kependidikan di seluruh Indonesia.

“Direkrorat GTK Baru saja melaunching suatu pelayanan publik sebagai implementasi digital, kita alhamdulillah untuk tahun pertama kita sudah sukses melaksanakan penilaian angka kredit tidak lebih dari 14 hari,” tutur Muhammad Zain.