Stand MAN 1 Pati pamerkan Modelant: Adventure game Moderasi Beragama.

Stand MAN 1 Pati pamerkan Modelant: Adventure game Moderasi Beragama.

Kendari (Pendis) - Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pati menciptakan Modelant: Adventure game yang ikut ditampilkan pada ajang Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2023 yang berlangsung di Kota Kendari Sulawesi tenggara pada 3-7 September 2023.

Game yang dirancang oleh Ahmad Alim Mabruri dan Dina Fitri Mabruri ini dijadikan sebagai media edukasi Moderasi Beragama yang menjadi salah satu dari tujuh program prioritas Menteri Agama.

Fahmi, sebagai guru pembimbing MAN 1 Pati menyebutkan dalam pengembangannya konsep game yang ditawarkan semi petualangan karena dinilai lebih santai. Sebelumnya, kata fahmi, para pelajar di MAN 1 Pati sudah dibekali terkait pemograman aplikasi dan telah merancang beberapa game.

"Jadi dari situlah kita bisa tau game itu ga harus kita membikin ke orang lain, kita bisa bikin sendiri kita aplikasikan yang penting tujuannya tersampaikan," ujarnya.

Berbagai pihak turut dilibatkan dalam pengembangannya seperti editor, tim validasi ahli media, ahli materi itu IAIN Kudus dan Kepala Jurusan Animasi di SMK setempat.

"Tujuannya itu kita memberikan tawaran baru kepada masyarakat terutama kalangan remaja untuk belajar moderasi beragama sesuai program prioritas Kementerian Agama serta beberapa aplikasi edukasi dan game," jelasnya.