Biaya Murah, Malaysia Promosikan 6 Kampus Andalan

Biaya Murah, Malaysia Promosikan 6 Kampus Andalan

MAKASSAR - Education Malaysia in Indonesia Embassy of Malaysia mempromsikan enam universitas di Makassar. Mereka mengajak warga Makassar guna melanjutkan kuliah di Malaysia.

Dalam pameran pendidikan tinggi Malaysia di Makassar, Embassy Malaysia menawarkan enam universitas yaitu University Malaya (UM), University Sains Malaysia (USM), Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), University Putra malaysia (UPM), University Teknologi Malaysia (UTM), dan University Teknologi Mata (UITM).

Direktur of Education Malaysia Embassy Puan Yuhari Muhammad Yasin kepada wartawan dalam Pameran Pendidikan Tinggi Malaysia di Hotel Horison Makassar, Selasa (1/3/2011) mengatakan, kualitas pendidikan enam kampus yang mereka tawarkan bertaraf internasional dengan monitoring Kementerian Pengajian Tinggi Malaysia.

"Biaya pendidikan di sana relatif lebih rendah dibandingkan belajar di negara-negara lain. Saya tahu banyak lulusan SMA di Indonesia yang kuliah di Australia, Amerika, maupun Eropa," ujarnya.

Menurut Puan, biaya pendidikan di Malaysia mencapai Rp3 juta per bulan. Nilai itu termasuk tempat tinggal mahasiswa.

Penggunaan bahasa Melayu di perkuliahan Malaysia juga salah satu alasan besarnya potensi adaptasi warga Makassar di Malaysia yang berkuliah.

"Bahasa Melayu ada bahasa serumpun Indonesia dan Malaysia. Mahasiswa asal Makassar tentunya akan lebih mudah berkomunikasi. Ada juga bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan," tuturnya.

Dia menjelaskan, saat ini ada sekira 10 ribu mahasiswa asing sedang kuliah di Malaysia. Sementara mahasiswa Malaysia yang sedang kuliah di Indonesia mencapai 8.000 orang. "Termasuk ratusan orang yang sedang kuliah di Unhas Makassar," Puan imbuhnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian roadshow tahunan Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia. Mereka menggelar kegiatan bertajuk Higher Education Malaysia at Indonesia. Tahun ini Makassar merupakan kota pertama yang menjadi lokasi roadshow. (rfa)(rhs)


Tags: