Inilah daftar 12 jurnal terakreditasi

Inilah daftar 12 jurnal terakreditasi

Bandung (Pendis) -- UIN Sunan Gunung Djati Bandung kembali menorehkan prestasi gemilang dalam dunia akademik dengan pencapaian akreditasi jurnal ilmiah pada periode 1 tahun 2024.

Berdasarkan hasil salinan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor: 0547/E5/DT.05.00/2024 tertanggal 15 Mei 2024 tentang Pemberitahuan Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2024, sebanyak 12 jurnal dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah berhasil terakreditasi dengan baik, dalam kategori akreditasi baru maupun kenaikan peringkat.

Keduabelas jurnal itu, Indonesian Journal of Halal Research (Sinta 1 – Scopus), Khazanah Hukum (Sinta 1 – Scopus), JOIN (Jurnal Online Informatika) (Sinta 2), Khazanah Pendidikan Islam (Sinta 2), Ta’lim al-‘Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban (Sinta 2), CALL (Sinta 3), Historia Madania: Jurnal Ilmu Sejarah (Sinta 3), Jurnal Perspektif (Sinta 3), Al-Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat (Sinta 4), Jurnal Analisa (Sinta 4), Likuid: Jurnal Ekonomi Industri Halal (Sinta 4), Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam (Sinta 4)

Capaian ini melengkapi prestasi sebelumnya, sehingga total jurnal yang sudah terakreditasi Sinta di UIN Sunan Gunung Djati Bandung kini mencapai 60 jurnal dengan rincian sebagai berikut:

Sinta 1 – Scopus: 3 jurnal; Sinta 2: 20 jurnal; Sinta 3: 16 jurnal; Sinta 4: 15 jurnal dan Sinta 5: 6 jurnal.

Ketua Sentra Pengelolaan Jurnal Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Busro, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian ini. “Capaian ini tentu atas dukungan banyak pihak, terutama Rektor dan Jajarannya, LP2M dan Rumah Jurnal dan tentu saja para pengelola jurnal yang sudah selalu mempertahankan bahkan menaikkan kualitas pengelolaan jurnal. Selain itu, kami sangat bangga karena ada tiga jurnal yang berhasil masuk dalam kategori Terindeks Bereputasi Internasional, yakni Jurnal Pendidikan Islam, Khazanah Hukum, dan Indonesian Journal of Halal Research (IJHAR),” ujar Busro, Minggu (26/5/2024)

Hamdan Sugilar, Koordinator Rumah Jurnal, juga menambahkan, “Rumah Jurnal akan selalu berkomitmen dalam peningkatan kualitas dan kuantitas pengelolaan jurnal di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Ada banyak program yang sudah disiapkan untuk menunjang tujuan dan target,” jelasnya

Dengan prestasi ini, UIN Sunan Gunung Djati Bandung semakin mengukuhkan posisinya sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi yang unggul dalam publikasi ilmiah di Indonesia. “Semoga capaian ini dapat terus ditingkatkan dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di tanah air,” tegasnya.

Atas capaian yang membanggakan kampus tercinta Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, melalui Wakil Rektor I, Dadan Rusmana, menyampaikan “Kami sangat bahagia atas capaian-capaian ini serta mengapresiasi kerja keras para pengelola jurnal-jurnal tersebut. Semoga segala ikhtiar baiknya menjadi “jariyah akademik” yang bermanfaat bagi semua pihak yang concern dengan perjurnalan dan karya-karya akademik dan hasil riset,” tandasnya.

Secara kelembagaan, penambahan jurnal yang terakreditasi Sinta 1 (terindeks scopus) dan kenaikan peringkat sinta bagi beberapa jurnal merupakan unsur penguat bagi tercapainya visi dan misi UIN Bandung.

“Hal yang perlu ditindaklanjuti kita bersama adalah peningkatan aspek kebermanfaatan (utility) berbagai hasil riset dan pemikiran yang terkandung dalam berbagai artikel yang dipublish pada jurnal-jurnal tersebut dapat bermakna dan bermanfaat sebagai problem solving dan guide line bagi pengembangan masyarakat di Indonesia. Hal ini penting menjadi perhatian agar hasil riset tidak hanya menjadi “lembaran karya akademik” saja, tetapi bersifat fungsional dan aplikatif,” pungkasnya.