Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh Syarifuddin

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh Syarifuddin

Banda Aceh (Pendis) -- Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Ar-Raniry menggelar Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) Tingkat Dasar bagi pengurus organisasi mahasiswa fakultas tersebut. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, 26-27 September 2023 bertempat di Aula Mini fakultas tersebut.

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh Syarifuddin dalam sambutannya mengingatkan bahwa kepemimpinan bukan hanya persoalan popularitas, melainkan sebuah tanggungjawab.

"Pemimpin itu bukan jabatan, bukan popularitas dan bukan pula numpang kehormatan, esensi dari pemimpin itu sendiri adalah tanggung jawab," ujar Syarifuddin saat membuka acara LKM bagi Ormawa FAH UIN Ar-Raniry Banda, Selasa (26/9).

Syarifuddin menambahkan bahwa Allah menciptakan manusia sebagai pemimpin dimuka bumi untuk melaksanakan perintah-perintah-Nya. "Masing-masing kalian adalah pemimpin, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban tentang orang yang dipimpinnya. Dalam konteks organisasi, sebagai ketua lembaga mahasiswa adalah pemimpin bagi mahasiswa, dan ia akan diminta pertanggungjawaban bagi yang dipimpin," ungkap Pria yang akrap disapa Agam Syarifuddin.

Sebelumnya, Dr Tgk H Ajidar Matsyah Lc MA menjelaskan bahwa kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) Tingkat Dasar ini di ikuti 55 peserta perwakilan pengurus organisasi mahasiswa di fakultas itu.

Kegiatan itu menghadirkan narasumber Muhammad Fadhillah, As'adi Muhammad Ali, Zahrul Fuadi dan Nurul Ikhsan yang dipandu oleh Siti Aminah. []