Buka PWN PTK XVI, Menag Harap Insan Pramuka  PTK Miliki Trilogi Relasi

Buka PWN PTK XVI, Menag Harap Insan Pramuka PTK Miliki Trilogi Relasi

Gorontalo (Pendis) -- Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XVI  digelar pada 22-27 Mei 2023 di Bumi Perkemahan Kampus 2 IAIN Sultan Amai Gorontalo selaku tuan rumah. 

"Kegiatan Perkemahan wirakarya Nasional perguruan tinggi keagamaan ke-16 tahun 2023 ini harus benar-benar dijadikan momentum untuk meneguhkan diri sebagai sebuah gerakan yang adaptif inovatif dan kreatif dalam menyesuaikan dan menghadapi tantangan zaman," ucap Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat membuka kegiatan PWN PTK XVI, Senin (22/05/2023).

Menurutnya, sesuai dengan tema yang diusung merawat keberagaman dalam bingkai moderasi, bahwa apalagi jika ditarik dalam konteks kepanduan Indonesia yang didasari dengan nilai-nilai spiritualitas berupa kepercayaan kepada yang Esa maka akan membentuk Trilogi relasi yang sepatutnya dimiliki insan pramuka di Perguruan Tinggi Keagamaan.

Gusmen menambahkan, Trilogi tersebut yaitu hablum minallah, habalum minannas dan hablum minal alam, yang ketiganya ini  seharusnya betul-betul dimplementasikan dengan nyata dalam kehidupan sehari-hari, pastinya akan membentuk  para pandu menjadi insan yang paripurna gagah.

Selain itu, menurut Menag bahwa ada hal yang tidak akan berubah, yaitu perubahan . " Hukum alam ini harus dicermati oleh Insan Pramuka tak terkecuali Insan Pramuka di perguruan tinggi keagamaan. Ini sangat penting agar kegiatan dan program pramuka tidak statis, jumud, out of date, tidak kreatif dan tidak inovatif serta akhirnya tidak menarik lagi"ujar Menag.

Oleh karena itu, PWN PWK XVI harus dijadikan momentum meneguhkan diri sebagai gerakan yang adiptif, inovatif dan kreatif dalam menyesuaikan dan menghadapi tantangan zaman, tutur Menag.