Cegah Penularan Korona, Para Penghafal Alquran Adakan Khotmul Qur’an Berbasis Online

Cegah Penularan Korona, Para Penghafal Alquran Adakan Khotmul Qur’an Berbasis Online

Bogor (Pendis)- Mewabahnya virus korona atau Covid-19 di Indonesia, pemerintah membuat beberapa kebijakan salah satunya adalah imbauan untuk melakukan aktiifitas di rumah dan tidak mengadakan atau menghadiri kegiatan massal  alias social distancing. Hal ini dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Namun, hal tersebut tidak menjadi alasan untuk melakukan kegiatan yang produktif. Seperti yang dilakukan oleh Ikatan Santri Alumni Al Mustaqimiyyah (Insaniyyah) Bogor mengadakan Khotmul Qur’an Berbasis online dalam program Gerakan Insaniyyah Mengaji, untuk menghindari kontak fisik satu sama lain.

Membaca Alquran sebanak 30 juz tersebut dilakukan secara serentak se-Indonesia dalam satu waktu., adapun kegiatan ini dilakukan dua kali pada tanggal 23 dan 29 Maret 2020, sehingga total sebanyak 4 kali khatam Alquran dari berbagai daerah.

“Jadi setiap anggota Insaniyyah mengaji 1 juz dan bisa mengajak santri-santrinya ataupun keluargannya dari tempatnnya masing- masing, kemudian melaporkan ke petugas yang sudah selesai membacanya. Terus untuk menyemarakan program Gerakan Indonesia Mengaji tersebut, bagi semua anggota INSANIYYAH mengupload kegiatannya di media sosial dengan tagline #CegahCovid19 #GerakanInsaniyahmengaji” Kata Tartika selaku ketua pelaksana di Bogor(02/04).

Mufti Aliyudin Ketua Umum Insaniyyah menjelaskan, bahwa maksud dari program ini merupakan bentuk ihtiar agar virus korona tidak menyebar dan tetap melakukan kegiatan positif  “sebagai bentuk ikhtiar para penghafal Alquran khususnya Keluarga besar INSANIYYAH dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia, juga untuk mengisi kegiatan di rumah lebih bermanfaat.” Ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa acara khataman ini merupakan bagian dari doa agar virus korona segera hengkan dari Indonesia, “Kita berdoa semoga dengan barokahnya khotmul qur’an ini menjadi asbab untuk mengusir Covid-19 di tanah air, dan Insyallah gerakan ini menjadi ikhtiar bathin untuk membentengi kita dari wabah Covd-19” pungkasnya. (Egi Agustian/Heri/Solla)


Tags: