Siswa MAN 1 Kudus Bersama Guru Pembimbing

Siswa MAN 1 Kudus Bersama Guru Pembimbing

Pembuatan aplikasi pembelajaran TAB (Teknik Alat Berat) berbasis android membutuhkan perjuangan yang sangat kuat dan rela pulang malam. Namun, adanya support dari orang tua Sugeng Prasetiadi membuat dia semangat untuk menyelesaiakan projectnya. Saya mulai mengenal dan  menyukai dunia perkomputeran sejak usia 2 tahun. Berlandaskan dari rutinitas harian dalam belajar & menyukai hal yg baru menjadi sebuah tantangan masalah untuk diselesaikan sehingga menjadi kebiasaan menumbuhkan semangat juang untuk bisa berinovasi, ‘’ kata Syam Aji.

Pada penelitian yang sudah dilakukan, gamenya sendiri terdiri dari dua alur yaitu alur game tebak kata atau gambar dan alur bermain petualangan. Pada tebak kata terdapat pertanyaan berupa gambar atau kalimat, pengguna harus memilih jawaban yang benar dari pertanyaan yang dicantumkan. Pada pilihan adventure, user diarahkan ke layout berjalanya game petualangan. Disana pengguna dapat bermain dengan menggerakan Tokoh pada game sesuai dengan arahnya.

Alhamdulillah tim riset MAN 1 Kudus berhasil meraih juara ke 3. Harapannya penelitian yang telah di kembangkan oleh anak didiknya dapat digunakan di aplikasi Playstore dan didaftarkan hak patennya. Adanya hak paten dapat menjadi pelindung karya-karya siswanya. ‘’kata Nurul Khotimah selaku Guru Pembimbing’’.

Kepala MAN 1 KUDUS Taufik bersyukur dan menyampaikan apresiasi atas pencapaian prestasi tingkat nasional ini. Dia berharap pencapaian ini menambah motivasi seluruh siswa untuk terus berprestasi baik kancah Nasional maupun Internasional. Dia juga menambahkan adanya prestasi ini tak lepas dari Program Riset di MAN 1 Kudus. Tim pembimbing riset yaitu Arif, Ahmed, Zida, Nurul, dan Ady mendukung penuh program yang telah di lakukan. (Fik).

Daftar pemenang SOBAT Competition 2022 Kategori SMA/SMK Inovasi Teknik Alat Berat :

Peringkat

Pemenang

Judul Inovasi

Juara 1

SMKN 5 Banjarmasin

Penggunaan DC Electric Motor Pada Rotates Main Pump Simulator Mini Excavator

Juara 2

SMK Muhammadiyah 3 Samarinda

Realtime Monitoring Analisa Pelumas

Juara 3

MAN 1 Kudus

Inovasi Aplikasi Edukasi Pembelajaran Tab (Teknik Alat Berat)

Harapan 1

SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh

Simulator Handle Operator Dan Aksi Gerak Excavator

Harapan 2

SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen

Komatsu Pc200 Engine Lubrication System With Led Flow Chart

Sumber : https://www.unitedtractors.com/ atau IG @cerita.ut