Penampilan Musikalisasi Puisi pada MQKN 2023.

Penampilan Musikalisasi Puisi pada MQKN 2023.

Lamongan (Pendis) --- Ribuan santri dari seluruh penjuru Indonesia bertemu di Pesantren Sunan Drajat, Lamongan. Dengan ragam budaya setiap daerah, mereka yang bertemu saling belajar dan bertukar cerita. Khususnya tiap malam pada gelaran Musabaqah Qira’atil Kutub Nasional (MQKN) 2023.

 Setiap malam, panitia mengadakan Daily MQKN dengan ragam pentas. Mulai dari malam pembukaan pada 11 Juli 2023 hingga malam ini pada 14 Juli 2023. Pada 12 Juli, Gending Joyo Samudro dari Sunan Drajat menyajikan tembang dan beragam lagu populer yang diminati santri saat ini.

Selajutnya, kemarin panitia menggelar Tadarrus Film yaitu Nonton dan Diskusi Film: Jalan Pendidikan Pesantren. Pada Tadarrus Film menghadirkan narasumber yang terkait dengan produksi film ini dan pihak-pihak yang concern terhadap dunia film. Dengan dimoderatori oleh Hamzah Sahal, narasumber yang dihadirkan adalah Yahdi Jamhur, Biaty Ahwarumi dan Magdalena Friya.

Dengan tajuk Malam Kebudayaan, pada Jum’at (14/07/2023) panggung utama MQKN dimeriahkan dengan sejumlah pertunjukan. Mulai dari Paduan Suara dari Santri Putri Sunan Drajat, pembacaan puisi, musikalisasi puisi, barongsai dan juga atraksi pencak silat.

Santri delegasi dari DKI Jakarta, Afifah Choirah mengaku bahwa pertunjukkan setiap malam pada MQKN ke-7 ini sangat menarik. Menjadikan para peserta cukup rileks dalam menghadapi kompetisi santri tingkat nasional ini.

“Seru banget kak, kita jadi bisa mengeksplor banyak hal disini. Kebudayaan dan juga peserta lain bisa saling berinteraksi” kata Meilani Anastasia, rekan Afifah. Meilani mengaku sangat senang karena dalam event ini juga ada undian berhadiah dan kebetulan ia memenangkan sebuah voucher belanja.
  
“Menurutku, semuanya seru dan menarik. Tetapi tadi yang paling berkesan itu pertunjukan silatnya. Kita amazed banget dengan penampilan yang rapih dengan banyak orang itu” jelas Afifah di Lamongan pada Jum'at (14/7/2023).

Sementara itu, saat ditemui Tim Humas Pendis, para performer silat mengakui bahwa sebuah kebahagiaan dan kebanggan tersendiri untuk tampil di event nasional ini. Dengan persiapan penampilan selama kurang lebih 10 hari, mereka merasa senang dapat tampil dengan penonton santri dari seluruh penjuru Indonesia.

Besok malam adalah malam Daily MQKN terakhir sebelum penampilan final para peserta. Dengan tajuk Gambusan Night, panitia menghadirkan bintang tamu grup qasidah Ezzura. Nantikan Closing Ceremony dan Shalawat Kerukunan pada malam 17 Juli yang dihadiri oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas dan bintang tamu grup Shalawat Syubbanul Muslimin live di YouTube: Pendis Channel.