Siswa-siswa MAN 4 Jakarta

Siswa-siswa MAN 4 Jakarta

Jakarta (Pendis) – Pada Jum'at (18/08/2023) alumni Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Atas atau sekolah lain yang sederajat angkatan 2022/2023 sudah memulai aktifitas mereka di kampusnya masing-masing. Laporan serapan perguruan tinggi yang dilakukan oleh siswa ke masing-masing sekolahnya mendekati masa akhir.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jakarta Selatan sebagai salah satu MAN dengan animo siswa yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi luar negeri juga mendekati masa akhir tersebut. Sebelumnya dalam beberapa bulan terakhir guru Bimbingan Konseling (BK) sebagai konselor siswa sibuk mendampingi proses persiapan dan pendaftaran agar siswa diterima di perguruan tinggi favorit mereka.

Data yang berhasil masuk ke guru BK sampai saat ini menyebutkan terdapat 10 jalur masuk PTN dan luar negeri yang berhasil ditembus oleh siswa lulusan MAN 4 Jakarta tahun pelajaran 2022/2023, yakni sebagai berikut:

1. SNBP 
Selekai Nasional Berbasis Prestasi atu SNP yaitu jalur masuk PTN melalui seleksi nilai rapot. Melalui jalur yang melalalui SNBP sejumah 43 sswa berhasil lolos dan diterima diberbagai PTN di Indonesia. 

2. SNBT 
SNBT atau Seleksi Nasional Berbasis Tes merupakan jalur masuk PTN melalui jalur UTBK. Melalui jalur ini sejumlah 113 siswa berhasil diterima di berbagai PTN di Indoensia. 

3. SPAN PTKIN
SPANPTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Peeguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan pola seleksi nasional oleh Kementerian Agama Republik melalui prestasi akademik. Melalui jalur ini sejumlah 26 siswa berhasil masuk ke berbagai perguruan tinggi Islam Negeri di Indonesia. 

4. UM PTKIN
UMPTKIN merupakan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri yang diselenggarakan secara serentak nasional dibawah naungan Kementerian Agama. Melalui pola ini sejumlah 7 siswa berhasil mendapatkan bangku kuliah di berbagai kampus di Indonesia.

5. IUP
IUP atau International Undergraduate Program yaitu program khusus seleksi PTN untuk kelas internasional. Melalui pola ini sejumlah 10 siswa berhasil mendapatkan bangku kuliah dengan rincian 6 siswa lulus di UGM Yogyakarta, 1 orang siswa diterima di Airlangga Surabaya dan 3 orang lainnya di UNDIP Semarang. 

6. Prestasi
Jalur prestasi merupakan pola seleksi masuk PTN melalui prestasi yang berhasil dicapai oleh siswa. Melalui jalur ini terdapat 3 siswa yang diterima dengan rincian 2 orang siswa diterima di UGM Yogyakarta dan 1 orang lainnya di IPB melalui jalur PIN Prestasi IPB.. 

7. Talent Scouting
Talent Scouting merupakan jalur masuk perguruan tinggi melalui jalur akademik dengan seleksi nilai rapot. Tahun ini beberapa siswa MAN 4 Jakarta berhasil lulus di UI Jakarta sejumlah 2 siswa dan di UIN Jakarta sejumlah 4 orang siswa. 

8.  PPKB UI
PPKB UI merupakan jalur seleksi yang mempertimbangkan nilai rapor serta indeks sekolah dalam proses seleksinya. Jalur yang dibuka oleh  universitas Indonesia. Ini berhasil menyerap 4 siswa yang terdiri dari 3 siswa S1 non regular dan 1 siswa vokasi.

9. Mandiri
Jalur mandiri merupakan jalur terakhir pada proses penerimaan mahasiswa baru. Jalur ini dilaksanakan dengan mekanisme dan kebijakan yang berbeda antar kampus. Melalui jalur mandiri tercatat 59 siswa berhasil mendapatkan bangku Pendidikan tingginya.
10. Luar Negeri
Kuliah di luar negeri menjadi salah satu cita-cita banyak siswa MAN 4 Jakarta. Saat ini sejumlah 8 siswa berhasil diterima di berbagai kampus terkenal di luar negeri seperti di Australa, Singapura, Belanda, Jerman dan lain sebagainya. 

Dengan jumlah siswa lulusan 329 dan 266 orang dinyatakan diterima di PTN maka prosentase kelulusan PTN siswa MAN 4 Jakarta tahun pelajaran 2022/2023 mencapai 80,85%. Sementara jika menyertakan serapan ke kampus luar negeri maka prosesntase kelulusan PTN dan kampus LN siswa MAN 4 Jakarta tahun pelajaran 2022/2023 mencapai 83,28%.

Data di BK juga menunjukkan terdapat beberapa siswa yang tidak hanya diterima di satu PTN saja melainkan dua, tiga bahkan lima PTN. Dengan penghitungan ini maka prosentase sebaran PTN siswa MAN 4 Jakarta tahun pelajaran 2022/2023 mencapai 106,68%.

Begitupun penerimaan di kampus LN di mana terdapat beberapa siswa yang diterima di lebih dari tiga atau empat kampus. Dengan penghitungan ini maka prosentase sebaran PTN dan LN siswa MAN 4 Jakarta tahun pelajaran 2022/2023 mencapai 114,89%. 

Adapun secara sebaran kampus UIN Jakarta menjadi kamus yang paling banyak menyerap alumni TP. 2023/24 yakni sejumlah 68 orang siswa. UI sebagai kampus terfavorit angkatan ini berhasil menampung 53 siswa dengan berbagai fakultas dan jurusan. 

Angka 83 % sendiri bukanlah angka yang final di mana dimungkinkan adanya alumni yang belum melakukan lapor diri. Masa penerimaan mahasiswa baru yang cukup panjang menjadi salah satu alasan siswa tidak lagi melakukan pelaporan kepada madrasah.

Angka 83 % juga bukan angka akhir daya serap perguruan tinggi pada umumnya di mana angka ini tidak mencakup serapan di kampus swasta. Selain itu siswa juga ada yang memilih dunia kerja dan atau menunda kuliah atau yang kita kenal dengan gap year. 

H5h