Dekan FAH UIN Ar-Raniry Apresiasi Kontingen PKM Jambi Peraih Medali Emas

Dekan FAH UIN Ar-Raniry Apresiasi Kontingen PKM Jambi Peraih Medali Emas

Banda Aceh (Pendis) --- Keberhasilan kontingen UIN Ar-Raniry Banda Aceh meraih medali emas di Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) III PTKIN Se-Sumatera dan PTI Se-Asia Tenggara yang berlangsung di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, tanggal 24-29 Juli 2023 mendapat apresiasi dari Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Dalam ajang kompetensi dua tahunan ini, UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil meraih 15 medali dengan rincian 7 medali emas, 3 medali perak dan 5 medali perunggu.

Tercatat, 7 medali emas yang diraih UIN Ar-Raniry Banda Aceh diraih, 3 di antaranya disumbang mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora kampus tersebut.

Mereka adalah Rifqah Basyirah dari Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam diperoleh dari cabang lomba Monolog Beregu. Sementara mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab berhasil meraih 2 emas. Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ) 30 Juz Putra diraih Misbahul Munawar dan Debat Bahasa Arab Beregu diraih oleh Ade Hafizh dan Muhammad Hisbullah.

Atas percapaian tersebut, Fakultas Adab dan Humaniora memberikan apresiasi dan penghargaan berupa santunan pendidikan.

"Saya turut bangga atas capaian kontingen UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang telah berhasil meraih prestasi pada ajang PKM III di Jambi. Apresiasi khusus kepada 4 perwakilan mahasiswa FAH yang semuanya berhasil menyumbang emas bagi kampus UIN Ar-Raniry,"kata Dekan FAH Syarifuddin, Rabu (2/8/2023).

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Saifullah MAg merasa bangga akhirnya kontingen UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil meraih juara umum ke empat pada ajang PKM III Jambi kali ini.

Saifullah merasa bangga, karena UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada ajang ini berhasil melampaui target. Dalam ajang kompetensi dua tahunan ini, UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil meraih 15 medali dengan rincian 7 medali emas, 3 medali perak dan 5 medali perunggu.

Medali emas diperoleh dari cabang lomba Monolog Beregu, Debat Bahasa Arab (DBA) Beregu, Kaligrafi Lukis Putri, Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) Putra dan Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ) kategori 10 Juz Putra, 20 Juz Putra dan 30 Juz Putra.

Kemudian tiga medali perak dari cabang lomba Tenis Meja Tungal Putri, Catur Klasik Putra dan Taekwondo Tunggal Putra. Untuk perunggu diperoleh melalui cabang Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ) 20 Juz Putri, Karate Tunggal Putra, Pencak Silat Tunggal Putri, Debat Bahasa Inggris (DBI) Beregu dan Taekwondo Tunggal Putri. []