Dekan FAH UIN Ar-Raniry Lepas Mahasiswa Magang Prodi Ilmu Perpustakaan

Dekan FAH UIN Ar-Raniry Lepas Mahasiswa Magang Prodi Ilmu Perpustakaan

Banda Aceh (Pendis) --- Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Syarifuddin resmi melepas 96 mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024, Selasa (11/7/2023) di pelataran fakultas tersebut.

Mereka akan melaksanakan magang selama  2 bulan, terhitung mulai tanggal 11 Juli sampai dengan 11 September 2023 mendatang di sejumlah perpustakaan sekolah, dayah, perguruan tinggi, instansi pemerintah maupun swasta serta perpustakaan khusus lainnya.

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Syarifuddin dalam arahannya mengingatkan mahasiswa yang akan melaksanakan PKL untuk menjaga nama baik almamater serta senantiasa bersikap dan menjaga etika saat di lokasi magang.

Lebih lanjut, Syarifuddin berpesan agar para peserta memanfaatkan peluang selama mengikuti magang untuk menunjukkan kompetensi, sikap kerja, dan etika saat di lokasi magang serta mampu memberikan sumbangsih pemikiran dan ide-ide kreatif untuk pengembangan perpustakaan.

"Lembaga atau instansi tempat anda magang menuntut Anda melakukan pembaharuan dengan ilmu yang sudah Anda pelajari selama di bangku kuliah, karena pada prinsipnya magang bertujuan untuk pengembangan soft skill guna menunjang kompetesi lulusan ke depan dalam dunia kerja,” ujar Syarifuddin saat pelepasan mahasiswa magang Prodi Ilmu Perpustakaan, Selasa (11/7).

Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Mukhtaruddin menjelaskan bahwa pelaksanaan magang tahun 2023 dilaksanakan disejumlah perpustakaan di Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar dan juga di daerah asal masing-masing mahasiswa  yang tersebar di kabupaten/kota di Aceh dan Sumatera.

"Pada tahun ini, sebanyak 96 mahasiswa melaksanakan magang di 54 perpustakaan di seluruh wilayah kabupaten/kota di Aceh termasuk Sumatera," kata Mukhtaruddin dalam laporannya, Selasa (11/7/2023).

Lebih lanjut, kata Mukhtar bahwa selama proses pelaksanaan PKL berlangsung mereka akan didampingi oleh dosen Prodi Ilmu Perpustakaan yang ditunjuk sebagai supervisor dan dosen pamong dari lokasi Magang. []