Devile IAIN SAS Babel

Devile IAIN SAS Babel

Jambi (Pendis) - Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) III Se-Sumatra dan PTI Se-Asia Tenggara Tahun 2023 resmi dibuka secara langsung oleh Kepala Subdirektorat Sarpras dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama RI, Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan. Pembukaan PKM III dilaksanakan di Auditorium Prof. Dr. H. M Chatib Quzwain UIN STS Jambi pada Senin, 24 Juli 2023.

Dalam sambutannya, ia mengharapkan agar kegiatan PKM dapat menjadi wadah dalam membina mental, spiritual dan mengokohkan persaudaraan antar mahasiswa, untuk itu perlu dijaga sportivitas dan moralitas bertanding.

Sebagai tuan rumah, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi merasa bangga karena dipercaya menjadi penyelenggara PKM III untuk wilayah Sumatera dan Asia Tenggara. PKM III tahun 2023 mengusung tema "Kembangkan Talenta Mahasiswa, Junjung Sportivitas, dan Rekognisi".

PKM III kali ini melibatkan 22 PTKIN dari Sumatera dan 9 Perguruan Tinggi Islam dari negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung turut berpartisipasi dalam acara yang dilaksanakan dalam dua tahun sekali ini. 

Dari 33 cabang lomba bidang ilmiah, seni dan olahraga yang diikuti oleh total 1.530 peserta ini, IAIN SAS Babel mengikuti cabang Debat Bahasa Arab, Debat Konstitusi, Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ), Musabaqoh Karya Tulis Al-Qur’an (MKTQ) Putra/i, Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ) 10 juz, Pildama Putra/i, Story Telling, Kaligrafi Naskah, Kaligrafi Dekorasi, Kaligrafi Kontemporer, Tenis Meja Tunggal Purta/i, Catur Klasik Tunggal Putra/i, Catur Cepat Tunggal Putra/i, Catur Cepat Beregu Putra/i, Pencak Silat, Karate, Bulu Tangkis Tunggal dan Ganda Putra, serta Panjat Dinding Lead Putri.

Sebanyak 10 devile IAIN SAS Babel mengikuti parade pembukaan, dengan Aisya dan Yuspian yang tampil menawan menggunakan baju adat Bangka. Pimpinan Kontingen, Dr. Muh Misdar berharap, dengan adanya PKM III ini dapat menjadi ajang untuk mempererat silaturahmi IAIN SAS Babel dengan PTKIN Se-Sumatera dan PTI Se-Asia Tenggara. Beliau juga berpesan kepada seluruh peserta untuk bertanding dengan menjujung sportivitas.

Turut hadir, Dr. Irawan Rektor IAIN SAS Babel, Dr. Muh. Misdar Wakil Rektor III yang sekaligus sebagai Pimpinan Kontingen, Kusnadi, M.M.  Wakil Ketua PKM, dan para koordinator bidang serta official/pembimbing cabang.