Direktur PAI Ajak Peran Aktif Pengawas PAI Perkuat Kompetensi dan Jaringan Kerja

Direktur PAI Ajak Peran Aktif Pengawas PAI Perkuat Kompetensi dan Jaringan Kerja

Bogor (Pendis) - Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI), Imam Safe`i mengajak pengawas PAI untuk lebih berperan aktif memperkuat kompetensi dan jaringan antar pengawas di daerah. "Pengawas merupakan puncak karir guru. Peran pengawas amat dibutuhkan untuk pembinaan guru dan membangun image nyata agar PAI dapat semakin dikenal dengan baik oleh masyarakat luas. Maka, mengingat hal itu, pengawas PAI diharapkan dapat meningkatkan kemampuan-kompetensi diri dan sesamanya, seperti juga aktif menguatkan jaringan kerja melalui Kelompok kerja Pengawas (Pokjawas) PAI".

Demikian disampaikan Direktur PAI sebelum menutup acara "Penguatan Kompetensi Pengawas PAI Angkatan 2", yang dilaksanakan sejak Kamis s/d Sabtu, (9 s/d 11 Agustus 2018) di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Saran dan masukan dari pengalaman pengawas di daerahnya akan sangat membantu merumuskan kebijakan bagi pegawas PAI pada tingkat pusat, tambahnya.

Sementara, dalam laporannya, Kasubdit PAI Pada PAUD dan TK, Victoria Elisna Hanah melaporkan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian lanjutan dari program yang terdiri dari dua angkatan. Angkatan 1 telah lebih dulu dilaksanakan pada Selasa (7 s/d 9 Agustus 2018). Kasubdit menjelaskan, Peningkatan Kompetensi Pengawas (PKP) bertujuan untuk menguatkan kompetensi Pengawas PAI, baik, dengan meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai kebijakan pemerintah terkait program-program kepengawasan.

Para peserta akan dipersiapkan menjadi tutor/trainer PKP PAI untuk dapat melatih rekan pengawas lainnya. Sebanyak lima puluh pengawas PAI hadir sebagai peserta perwakilan Kanwil tiap provinsi. (sita/ whd/dod)


Tags: