Direktur PAI Amrullah apresiasi beasiswa AGPAII Jateng dan UNWAHAS.

Direktur PAI Amrullah apresiasi beasiswa AGPAII Jateng dan UNWAHAS.

Jakarta (Pendis) -- Direktur Pendidikan Agama Islam gembira dan memberikan apreasiasi atas program beasiswa kerjasama antara Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Propinsi Jawa Tengah dengan Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS) Semarang bagi sekitar 30 orang guru pendidikan agama Islam. Program diberikan kepada mereka yang terpilih melalui proses seleksi yang adil dan ketat dengan lama durasi 3 tahun bagi program magister (S2) dan doktoral (S3).

"Ini adalah inisiasi yang luar biasa dan saya sangat senang mendengar program beasiswa dari AGPAII Jawa Tengah, apalagi beasiswa ini jika diperuntukkan bagi guru-guru pendidikan agama Islam yang memiliki gaji kecil dan tunjangannya minim untuk lanjut studi," harap Direktur PAI, Amrullah ditemui di Jakarta (22/08/2023).

Guru Pendidikan Agama Islam merupakan entitas sekolah yang perlu memperoleh perhatian khusus, jika semua pihak dapat berkolaborasi meningkatkan kesejahteraan guru-guru tersebut maka muaranya akan meningkatkan kualitas pendidikan itu sendiri.
Jika memang AGPAII Propinsi Jawa Tengah mampu melakukan terobosan melalui kerjasama dengan pihak kampus, perusahaan tertentu atau bahkan non-government organization (NGO) maka hal tersebut sangatlah positif dan diperbolehkan sepanjang tidak melanggar peraturan perundangan yang berlaku, "selagi berasal dari sumber pembiayaan yang jelas dan sah, maka beasiswa tersebut sangatlah berarti dan saya mendorong untuk AGPAII di propinsi lainnya agar dapat melakukan terobosan yang sama."

Di akhir kalimatnya, Amrullah menyatakan ucapan terima kasih dan harapan spefisik, "saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada AGPAII Jawa Tengah yang mampu mencari opsi pembiayaan GPAI dalam bentuk pemberian beasiswa pendidikan bagi guru-guru PAI."

Menurut informasi, beasiswa AGPAII Jateng dan UNWAHAS Semarang dibuka sampai hari Sabtu (02/09/2023), pembukaan program ini menurut Ketua DPW AGPAII Jateng, Hery Nugroho, untuk memberikan kesempatan bagi anggota AGPAII untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan, "kerjasama ini merupakan komitmen AGPAII Jateng dan Unwahas untuk mendukung anggota AGPAII baik di tingkat TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB maupun pengawas PAI untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di era digital melalui beasiswa studi lanjut di salah satu kampus terbaik di Jawa Tengah. Karenanya, dipersilakan bagi guru PAI di semua jenjang dan pengawas PAI memanfaatkan kesempatan yang sangat baik ini."

Diantaranya keunggulannya menurut Hery adalah beasiswa potongan biaya pendidikan sebesar 50% dan kurikulum berbasis kebutuhan. Program S2 dan S3 dirancang dengan merujuk pada kebutuhan dunia pendidikan agama Islam yang terus berkembang. Tidak hanya itu, perkuliahan juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, diantaranya perpustakaan digital, laboratorium penelitian, dan ruang diskusi kolaboratif. Kemudian juga dosen pengajarnya adalah dosen yang bergelar profesor dan doktor alumni dalam dan luar negeri.

Terkait pendaftaran, Sekretaris DPW AGPAII Jawa Tengah, Syaekudin menginformasikan bahwa peserta silahkan melengkapi persyaratan pendaftaran dan segera upload, khusus pendaftar S2, silahkan mengupload berkas pada link Daftar S2: https://s.id/S2_UNWAGPAII2023. Sedangkan pendaftar S3, silahkan mengupload berkas pada link Daftar S3: https://s.id/S3_UNWAGPAII2023. 

“Bagi yang lolos administrasi, maka akan melanjutkan tahap seleksi ujian dan wawancara dengan materi Tes Potensi Akademik (TPA), Pengetahuan Umum, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Wawancara,” jelasnya. (Syam/Piki)