Dirjen Pendis pada Pembukaan Final OASE II di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Dirjen Pendis pada Pembukaan Final OASE II di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Tangerang Selatan (Pendis) - Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyelenggarakan Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) yang ke-2. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi tuan rumah pada gelaran babak final yang berlangsung pada 14 – 17 Juni 2023.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan laporan terkait event nasional yang pada tahun ini mengusung tema “Building Moderate and Innovative Generation to Reach Out Sustainable Development Goals (Generasi Inovatif dan Moderat Bergerak Bersama Mewujudkan SDGs)”.

“Olimpiade tahun ini diikuti oleh 69 PTKI dengan sebanyak 2.387 peserta. Tahun ini terdapat 25 jenis mata lomba mulai dari jenis perlombaan qiro’atul kutub, fahmil qur’an, da’i, sains yang meliputi matematika, fisika, kimia dan biologi” jelas guru besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini.

Prof Dhani, panggilan akrabnya melanjutkan bahwa OASE kali ini juga menyelenggarakan lomba inovasi teknologi, nano teknologi dan kesehatan, produk halal dan ketahanan pangan dan lain sebagainya. Selain itu, untuk mendukung inovasi dan kreasi para mahasiswa dalam mengembangkan bisnis, ada lomba business plan.

“Babak penyisihan telah dilaksanakan pada tanggal 22 s.d. 26 Mei 2023 secara daring menggunakan Computer Based Test (CBT) untuk lomba sains dan fahmil qur’an. Proses penilaian dilaksanakan secara double blind sehingga tercapai transparansi serta keadilan dalam penilaian di babak penyisihan hingga final” terang prof Dhani pada Rabu, (14/6/2023).

Ia melaporkan bahwa pada babak penyisihan dilaksanakan oleh 80 juri dari 31 institusi yang berbeda. Tidak hanya dari berbagai PTKI saja, tetapi juga termasuk dari PTN, asosiasi Dai, dan praktisi (Boscha, BRIN dan MA). Total terdapat 59 PTKI yang mengikuti OASE 2023 dengan cabang lomba menggunakan CBT, dan 68 PTKI mengikuti OASE 2023 pada cabang lomba yang menggunakan non-CBT.

“Tahun ini sebanyak 52 PTKIN dan 4 PTKIS berhasil maju ke babak final, dengan jumlah finalis mata lomba terbanyak berasal dari UIN Kalijaga Yogyakarta dengan 19 mata lomba yang diikuti” ungkap Dirjen Pendis.

Pembukaan OASE ini dibuka langsung oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas dan dihadiri oleh Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi, Walikota Tangerang Selatan, para Rektor PTKIN dan PTKIS, serta seluruh peserta final dari seluruh Indonesia.