Muhammad Ali Ramdhani saat mengisi materi Rapat Kerja di IAIN Ponorogo

Muhammad Ali Ramdhani saat mengisi materi Rapat Kerja di IAIN Ponorogo

Ponorogo (Pendis) - Saya ingin mengajak segenap Civitas Akademika IAIN Ponorogo khususnya  para dosen untuk mempersiapkan anak didiknya dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin cepat.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani saat memberikan materi pada Rapat Kerja IAIN Ponorgo Tahun 2023 yang bertajuk “Future Skill: The Future of Learning and Higher Education” pada Senin (13/02/3023).

Ramdhani mengatakan, bahwa ikhtiar kita pada hari ini adalah mempersiapkan anak bangsa mengingat mahasiswa nantinya diharapkan menjadi subjek yang aktif.

“Para mahasiswa ini nantinya disiapkan untuk menjadi pemain bukan hanya sebagai penonton pada sebuah dinamika zaman.” Terangnya.

Prof. Dhani, sapaan akrabnya juga mengungkapkan pentingnya terus belajar dan mengembangkan diri.

“Karena orang yang terpelajar hanya akan memiliki masa lalu sedangkan orang yang terus belajar akan memiliki masa depan,” ungkapnya.

Guru besar UIN Sunan Gunung Djati ini menambahkan, salah satu yang terpenting untuk terus dikembangkan dan ditingkatkan adalah skill, bukan hanya sebuah teori.

“Kemampuan yang berbasis skill akan menjadi penting. Bukan hanya bermodalkan ijasah saja, namun juga harus dilengkapi dengan sertifikat keahlian-keahlian yang nantinya dibutuhkan ke depannya.” Tegas Prof. Dhani.

Selanjutnya, kemampuan untuk terus mengembangkan skill dan bisa bekerja dengan tim adalah kunci untuk bisa menjadi sukses di masa depan. Networking dan kemudian mampu menghubungkan titik-titik tertentu untuk memecahkan masalah akan menjadi kemampuan yang penting untuk dimiliki.

Perkembangan ke depan yang semakin cepat menuntut perubahan manusia yang semakin cepat pula. Maka diperlukan sikap yang lincah (agile). Cara-cara yang biasa saja dan monoton  akan ketinggalan dan tidak mampu untuk mengimbangi cepatnya perkembangan jaman”. Pungkasnya.


Tags: # PTKINKeren