Dirjen Pendis Ajak Insan Pendidikan Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan

Dirjen Pendis Ajak Insan Pendidikan Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan

Jakarta (Pendis) - Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kamaruddin Amin menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman kantor Kemenag, Jakarta, Rabu (02/05).

Dalam sambutannya, Dirjen Pendis mengatakan bahwa Hardiknas tahun ini merupakan momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran dan praktik pendidikan yang dilakukan Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara.

"Hardiknas kali ini juga kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan," demikian amanat Menteri Pendidikan Nasional yang dibacakan Dirjen Pendis sebagai Inspektur upacara.

Kepada semua insan pendidikan dan kebudayaan, Kamaruddin mengajak untuk menyatukan tekad menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan disertai niat yang ikhlas serta usaha yang keras tak kenal lelah dalam mengabdi di dunia pendidikan.

Guru, orang tua dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia, ujarnya.

Menurutnya, meskipun terbatas sesuai skala prioritas, ke depan pemerintah memberikan perioritas pembangunan infrastruktur pada daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) agar wilayah tersebut dapat terintegrasi dan terkoneksi ka dalam layanan pendidikan dan kebudayaan.

Bersamaan dengan pembangunan infrastruktur juga dilakukan penguatan Sumber Daya Manusian (SDM) agar menjadi modal yang andal dan siap menghadapi perubahan zaman yang melaju kencang, kompleks, tak terduga dan multi arah, maka kecepatan dan ketepatan dunia pendidikan dalam beradaptasi adalah kunci dalam menghadapi perubahan tersebut, ucap Kamaruddin.

"Pendidikan harus menjadi urusan semua pihak. Semua pihak harus bergandeng tangan, bahu membahu, bersinergi memikul tanggung jawab bersama dalam menguatkan pendidikan. Kita optimistis Indonesia memiliki semua yang dibutuhkan untuk menjadi bangsa besar dan maju asal kita bersatu mewujudkannya," tegasnya.

"Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional kepada seluruh insan pendidikan dan kebudayaan. Teruslah ikhlas dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi usaha menguatkan pendidikan Indonesia serta memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga kita semua dapat menyaksikan Indonesia sebagai bangsa adidaya budaya dengan pendidikan yang kuat," harapnya. (Hikmah/dod)


Tags: