Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani bersama Direktur KSKK Madrasah Moh Isom saat meluncurkan buku Pemimpin Ideal Perspektif Milenial.

Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani bersama Direktur KSKK Madrasah Moh Isom saat meluncurkan buku Pemimpin Ideal Perspektif Milenial.

Bogor (Pendis) - Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani bersama Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Moh Isom meluncurkan buku dengan judul Pemimpin Ideal Perspektif Milenial pada malam puncak Grand Final Lomba Madrasah Student Leadership Award (MSLA) yang berlangsung di Arch Hotel, Bogor, Kamis (10/11/2022) malam.

Buku yang ditulis oleh peserta MSLA yang terdiri dari siswa Madrasah Aliyah (MA) di seluruh Indonesia ini merupakan kumpulan gagasan, impian dan harapan siswa madrasah yang dikumpulkan melalui seleksi awal kegiatan Penguatan Leadership dan Karakter Siswa Madrasah Aliyah.

Selain sebagai upaya merespon perkembangan kehidupan dunia modern, juga memperkuat karakter dasar siswa madrasah sebagai insan generasi muda muslim Indonesia yang mampu menyikapi berbagai persoalan kehidupan sosial, politik, ekonomi, budaya maupun keagamaan secara bijak dan moderat tanpa melupakan identitas dan jati diri sebagai generasi muslim Indonesia.

"Maka hari ini dengan doa dan bacaan ulumul quran kita berharap semoga Allah memberikan hidayah dan inayahnya agar buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua," ujar Muhammad Ali Ramdhani.

Sementara itu, Direktur KSKK Madrasah Moh Isom, menyebutkan, buku ini merekam pandangan anak muda tentang menjadi pemimpin yang ideal. Menurutnya, buku ini menjadi respon yang baik dalam kerangka untuk melahirkan calon pemimpin di masa mendatang yang berasal dari kalangan siswa madrasah aliyah.

Ia menerangkan, penulisan buku ini merupakan upaya untuk memperkuat karakter dan memperdalam kemampunan kepemimpinan terutama di kalangan anak muda. Kelompok anak muda ini kata Isom, merupakan calon pemimpin yang perlu memiliki karakter kepemimpinan yang matang di masa mendatang.

Kehadiran buku ini diharapkan bisa menambah kekayaan literatur tentang pandangan anak muda, karena pandangan anak muda adalah gambaran bangsa di masa mendatang.

"Usaha kita mencetak pemimpin-pemimpin bangsa bisa lahir dari madrasah sebagai pemimpin yang punya wawasan bisa melakukan perubahan dan tentunya berkarakter. Selamat kepada para penulis dan kontributor yang telah mencurahkan tenaga dan pikiran untuk menyelesaikan kaya penting ini. Selamat membaca," tandas Isom.