Dirjen Pendis Minta Madrasah Lahirkan Insan Humanis

Dirjen Pendis Minta Madrasah Lahirkan Insan Humanis

Halmahera Barat (Pendis) --- Guru adalah pahlawan pendidikan yang mencerdaskan para siswa sebagai generasi penerus bangsa demi memajukan dunia pendidikan. Di tengah pandemi, guru diharapkan memelihara semangat tersebut.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis), Muhammad Ali Ramdhani saat memberikan pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di Aula Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Halmahera Barat (MAN IC Halbar), Selasa (15/06/2021).

Dikatakan Dirjen, guru harus memastikan peserta didik wawasan keagamaan yang baik. Penanaman nilai-nilai moderasi beragama akan menjadi benteng dari maraknya penyebaran faham radikalisme di dunia nyata maupun maya.

"Alumni-alumni dari madrasah adalah mereka yang kokoh imannya, kuat keislamannya, kemudian baik perilakunya di tengah masyarakat", tambah Ramdhani.

Di hadapan para guru dan ASN, Ramdhani mengharapkan orang-orang yang lahir dari madrasah memiliki integritas yang humanis kemudian dibingkai dengan nilai spiritualitas, sebuah kesadaran tentang fungsi kehambaan.

"Kesadaran inilah yang nantinya akan menciptakan insan-insan madrasah yang sadar dan kenal betul siapa dirinya dan siapa Tuhannya", pungkas Ramdhani.

Terakhir, Ramdhani menekankan bahwa sikap integritas adalah sesuatu hal yang niscaya, hal yang sejatinya melekat pada alumni-alumni madrasah. Dan integritas takkan berarti tanpa adanya kesadaran nasionalisme yang kokoh dan kuat.

"Gagal produk madrasah jika tidak mencintai bangsanya dan tidak mencintai keberagaman yang ada di dalamnya. Hubbul wathon minal iman,” tutup Ramdhani. (WE)


Tags: