Mahasiswa UIN Mahmud Yunus Batusangkar Raih Juara MTQ Tingkat Nasional di Universitas Jambi

Mahasiswa UIN Mahmud Yunus Batusangkar Raih Juara MTQ Tingkat Nasional di Universitas Jambi

Batusangkar (Pendis) – Lagi, lagi dan lagi, perolehan prestasi terus membanjiri UIN Mahmud Yunus Batusangkar melalui berbagai ajang perlombaan yang diikuti mahasiswa.

Kali ini, Dua orang mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) memperoleh juara pada perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Nasional di Universitas Jambi yang berlangsung pada tanggal 19 – 22 Juni 2023.

Kedua mahasiswa tersebut yaitu Elsi Aprilia, mahasiswa asal Basa Ampek balai Tapan Pesisir Selatan,  mendapatkan juara 1 pada cabang Tartil Putri, dia merupakan lulusan SMAN 1 BAB Tapan.

Kemudian, Lailan Najmi mahasiswa asal Kabupaten Solok berhasil memperoleh juara 3 pada cabang lomba Tilawah Putri, yang merupakan lulusan MAN 1 Solok.

“Kami merasa bangga atas capaian yang bisa kami sumbangkan untuk kampus UIN Mahmud Yunus tercinta. Sebagai mahasiswa, kami memiliki peran dan tanggung jawab yang besar terhadap kemajuan kampus,” ujar Elsi Aprilia mewakili temannya, Lailan Najmi.

Terpisah, Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Prof. Dr. Marjoni Imamora mengatakan, kemampuan membaca Al-Qur’an dengan sangat baik adalah keharusan yang mesti dimiliki oleh mahasiswa UIN.

Sebab kemampuan membaca Al-Qur’an yang dimiliki mahasiswa, secara tidak langsung telah memberikan citra baik bagi UIN, karena memiliki sumber daya manusia yang  berkompeten.

“Saya sangat bangga, satu persatu prestasi terus ditorehkan mahasiswa, apalagi ini menyangkut ilmu agama yang menjadi ciri khasnya UIN. Ini akan terus kita prioritaskan dalam pengembangan sumber daya kampus sains islam refleksi surau Minangkabau,” ujar Marjoni.

Selain itu, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguran (FTIK), Prof. Dr. Suswati Hendriani mengapresiasi perolehan juara yang dipersembahkan oleh mahasiswa binaannya.

Menurutnya, perolehan ini membuktikan bahwa UIN Mahmud Yunus mampu menghasilkan generasi yang memiliki kemapuan dalam membaca Al-Qur’an.

“Terima kasih atas perolehan juara yang telah dipersembahkan untuk UIN Mahmud Yunus. Kami akan terus mendorong potensi – potensi yang dimiliki oleh mahasiswa, agar bisa tersalurkan dengan baik,” ungkapnya. (doni)