Kakankemenag Tuban bersama Pengawas Madrasah, Ulfa Hayati Muzayanah

Kakankemenag Tuban bersama Pengawas Madrasah, Ulfa Hayati Muzayanah

Kab.Tuban(Pendis)--Satu lagi prestasi di raih oleh ASN Kementerian Agama Kabupaten Tuban. Kali ini dalam ajang Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Tahun 2022 baik di Tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional oleh Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir sangat mengapresiasi hal ini.

"Atas nama pribadi dan pimpinan keluarga besar Kankemenag Tuban mengucapkan selamat dan sukses kepada para pemenang yang telah meraih prestasi pada bidang yang di embannya, semoga tambah barokah dan dapat meningkatkan kinerjanya serta dapat menginspirasi Pengawas dan Guru Madrasah lainnya," papar Munir, Jumat (16/12/2022) di ruang kerjanya.

Adapun peserta dari Kemenag Kabupaten Tuban masuk dalam kategori juara favorit  yaitu Ulfah Hayati Muzayanah (Pengawas Berprestasi), Umi Fadila, (Guru MA Berprestasi), M. Yazid Mar'i, (Guru MI Berprestasi) dan Umi Choiriyah, (Guru MI Berprestasi).

Salah seorang pemenang favorit, Ulfa Hayati Muzayanah saat dihubungi via telepon menjelaskan, 

untuk tahun ini Anugerah GTK Tingkat Nasional menggelar kompetisi bagi Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, Guru, Laboran dan Pustakawan.  

Menurutnya, proses untuk mendapatkan Anugerah GTK Kemenag RI Tingkat Nasional bukan hal yang mudah. "Perjuangan dan tekad yang kuat untuk memenuhi berbagai hal sesuai kreteria harus disiapkan, setidaknya ada 10 item kemampuan harus dimiliki oleh peserta yang sesuai dengan tupoksi masing-masing," kata Pengawas Madrasah senior ini.

Adapun 10 (sepuluh) hal tersebut adalah biodata riwayat hidup/prestasi yang pernah diraih, feature keunikan prestasi diri yang dimiliki, aktif kegiatan forum ilmiah baik menjadi nara sumber maupun peserta, mengikuti Diklat dan Bimtek, karya tulis yang pernah dibuat, perencanaan tugas dan pelaksanaan tugas mulai dari perencanaan sampai supervisi, pengalaman organisasi dalam dunia pendidikan maupun social keagamaan dan penghargaan yang diraih dalam 3 tahun terakhir mulai September 2019 sampai september 2022 serta membuat best practice/karya terbaik dan terbaru lengkap dengan PPT Infografis. 

Sebagai informasi, penilaian dilakukan dengan dua tahap,  pertama penilaian portofolio dan yang ke dua adalah presentasi Best Practice serta penguasaan bahasa Inggris dan bahasa Arab serta wawancara moderasi beragama bagi nominator yang terpilih.

Peserta Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Tingkat Nasional adalah dari seluruh Provinsi dan Jawa Timur mengirimkan sebanyak 858 peserta. 

Anugerah GTK tahun ini meliputi 4 kategori yakni GTK berpretasi, GTK inovatif, GTK inspiratif dan GTK berdedikatif.

berprestasi merupakan karunia Allah SWT dan kebanggaan tersendiri, semoga ini dapat meningkatkan dedikasi dan kinerja kami sebagai ASN Kemenag Tuban," pungkas Ulfa.