Dekan FAH Syarifuddin menyerahkan SKL kepada lulusan pada yudisium Gelombang III TA 2022/2023

Dekan FAH Syarifuddin menyerahkan SKL kepada lulusan pada yudisium Gelombang III TA 2022/2023

Banda Aceh (Pendis) --- Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh meluluskan 132 lulusan Sarjana Strata Satu (S1) pada Gelombang III Tahun Akademik 2022/2023. Prosesi yudisium tersebut dilaksanakan di Aula Lantai III Gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Selasa (5/9/2023).

Tercatat, 51 orang lulus cumlaude, 30 orang lulus pujian, 48 orang memperoleh predikat sangat baik dan 3 orang memperoleh predikat baik.

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Syarifuddin MAg PhD dalam amanatnya berharap para lulusan Fakultas Adab dan Humaniora dapat terus belajar dan berkiprah di masyarakat untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai permasalahan berdasarkan kemampuan dan ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Syarifuddin menyakini  bahwa di dunia yang cepat dan terus berubah seperti sekarang ini, pendidikan menjadi semakin penting. Oleh karena itu, ia mengajak para alumni untuk membekali diri dengan berbagai keterampilan dan juga mengenali potensi diri serta mampu membaca peluang dengan kreatif, optimistis, sekaligus beradaptasi, berinovasi, dan berkembang di lingkungan yang semakin dinamis.

"Pendidikan tidak terbatas pada dinding-dinding ruang kuliah, tapi mencakup komitmen seumur hidup untuk belajar (a lifelong commitment to learning), untuk pertumbuhan pribadi, dan untuk pencapaian keunggulan," ujar pria yang akrap disapa Cek Din Solong.

Sebelumnya, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Nazaruddin MLIS PhD dalam laporannya menyebutkan pada semester ini, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil menghasilkan lulusan sebanyak 132 orang yang terdiri dari 31 orang laki-laki dan 101 orang perempuan.

Lebih lanjut, Nazar menyebutkan bahwa dari 132 orang calon wisudawan, diantaranya 51 orang lulus cumlaude, 30 orang lulus pujian, 48 orang memperoleh predikat sangat baik dan 3 orang memperoleh predikat baik.

"Dengan bertambahnya 23 lulusan prodi SKI, 53 lulusan prodi BSA dan 56 lulusan dari Prodi Ilmu Perpustakaan, maka jumlah alumni Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh sampai saat ini berjumlah 3.214 orang," kata Nazar menambahkan.

Pada kesempatan tersebut, pimpinan fakultas juga memberikan penghargaan (bungong jaroe) kepada tiga lulusan terbaik yang lulus dengan predikat cumlaude, masing-masing Ulfa Zahara dari prodi SKI (IPK 3.88), Hijratun Nafis dari prodi BSA (IPK 3.85) dan Teria Yulan Dari dari prodi Ilmu Perpustakaan (3.66).

Sementara untuk orasi ilmiah disampaikan oleh Dr Zubaidah MEd dosen prodi Ilmu Perpustakaan yang baru saja menyelesaikan doktor di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Dalam orasinya Zubaidah menekankan pentingnya pendidikan akhlak bagi generasi milenial. Menurutnya, era milenial adalah zaman perubahan yang sangat cepat, dimana teknologi telah mengubah segala aspek kehidupan . Namun perlu diingat bahwa di tengah germerlapnya inovasi dan berkembangnya teknologi, kita tidak boleh lupa dan lengah akan pentingnya pendiidikan agama dan akhlak sebagai pondasi dasar dalam hidup dan kehidupan kita.

"Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah menghasilkan berbagai inovasi di berbagai sektor kehidupan akhir-akhir ini boleh di banggakan bahkan harus terus di kembangkan. Namun perlu diingat bahwa perkembangan ilmu pngetahuan sebesar apapun tidak bisa mengeyampingkan aspek akhlak atau moral," ungkap doktor bidang Pendidikan Agama Islam. []