FDKI IAIN SAS Babel Adakan Enterpreneur Talk Show Bersama Owner Tanah Wari

FDKI IAIN SAS Babel Adakan Enterpreneur Talk Show Bersama Owner Tanah Wari

Bangka (Pendis)--Kemampuan mengembangkan potensi diri merupakan bentuk hasil belajar atas ilmu yang di dapat dalam kehidupan bermasyarakat, sebagai bahagian dari makhluk sosial yang memiliki nilai dan keunikannya masing-masing. Namun banyak hal luar biasa diluar sana yang belum tersentuh ditelinga masyarakat umum, keterbatasan ini menjadi motivasi utama Dosen FDKI IAIN SAS Babel yakni: Pebri Yanasari, M.A dan Rafles Abdi Kusuma, M.A untuk menyelenggarakan Enterpreneur Talk Show_ tentang _Success, Believe in yourself (Bangka, 19/05/2023), dengan bintang tamunya ialah salah satu brand fashion lokal (Tanah Wari) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang berhasil booming di kanca nasional.

UMKM Tanah Wari adalah salah satu brand lokal yang bergerak di bidang fashion, brand ini di bangun sejak tahun 2021 yang di mulai dari keinginan seorang perempuan yang bernama Finalia sebagai bentuk implementasi dari kesenangannya dengan sejarah dan skill yang cukup di bidang fashion dan konsepnya.

Finalia,S.H selaku owner Tanah Wari mengatakan "Tanah Wari merupakan implementasi diri saya yang mencintai sejarah, brand ini saya bangun dari nol bersama suami dan dukungan dari keluarga terdekat. Banyak suka duka yang kami lewati hingga akhirnya berada di titik ini" ungkap Finalia.

Sebagai enterpreneur muda banyak kisah inspiratif yang menarik untuk dipahami generasi milenial, ia mengungkapkan bahwa dalam proses pembangunan Tanah Wari, Finalia sempat ingin berhenti karena terdapat masalah yang cukup berat setelah satu bulan launching sehingga harus memulai dari awal lagi, namun berkat dorongan dan semangat yang diberikan oleh suami dan keluarga Tanah Wari kembali dengan tekad yang lebih kuat. Walaupun dihadapkan dengan tawaran yang luar biasa dari agency fashion terkenal untuk membeli konsep Tanah Wari.

Tanah Wari mengawali bisnisnya dengan mengangkat konsep fashion yang bernuansa sejarah Muntok, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung dan di setiap season mengangkat dan menciptakan sejarah yang berbeda. Tanahwari bukan saja memiliki konsep matang dan autentik namun juga setiap langkah yang diambil dalam membangun sebuah brand lokal harus dengan mental yang kuat dan perencanaan bisnis terbaik. Seperti, mulai dari bahan pilihan, nilai jual yang tinggi hingga pelayanan yang mejadikan setiap konsumen adalah kerabat.

Brand campaign yang di tanamkan oleh Tanahwari berusaha menciptakan kualitas tinggi untuk memberikan kepercayaan kepada konsumen agar selalu nyaman dan mencari kembali produk Tanahwari. Dengan story telling sejarah dan kunikan setiap ikon yang diangkat dalam setiap produk Tanah Wari juga menjadi salah satu nilai jual yang tinggi,  didorong oleh tekhnik marketing dan target konsumen yang konsisten menjadikan omset Tanahwari setiap bulannya meningkat.

Peminat produk Tanahwari sudah menyentuh kanca nasional, setiap produk dibuat dengan jumlah terbatas  (limited) hingga menjadikan brand fashion tersebut memiliki keunikan dan cerita yang lengkap. Produknya kini mulai beragam dari hijab, kaos, bros dll. Konsumen yang memakai produk Tanahwari akan merasakan sensasi sejarah yang mengalir dalam fashionnya.

Pebri Yanasari,M.A  selaku dosen pengampu yang berinisiatif mengundang pelaku UMKM untuk berbagi kisa sukses kepada mahasiswa mengungkapkan, "penyelenggara talk show ini terselenggara dengan audiens mahasiswa program studi Psikologi Islam semester 6 dan Bimbingan Konseling Islam semester 4 Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Ia berharap hendaknya kegiatan ini dapat menambah wawasan mahasiswa untuk kedepannya berkembang dan mampu mengimplementasikan potensi diri yang dimiliki dengan cara terbaik" tegas Pebri Yanasari