FTIK UIN Palu-Pemkab Morowali Utara kerja sama tingkatkan kompetensi guru

FTIK UIN Palu-Pemkab Morowali Utara kerja sama tingkatkan kompetensi guru

Palu (Pendis)--Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, dengan Pemerintah Kabupaten Morowali Utara bekerja sama tingkatkan kompetensi guru di kabupaten tersebut.

"Peningkatan kompetensi guru dilakukan melalui program pendidikan profesi guru," kata Dekan FTIK UIN Palu, Doktor Askar, di Sigi, Senin.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilakukan oleh Dekan FTIK UIN Palu Doktor Askar dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Morowali Utara, Moh Ridwan.

Penandatangan kerja sama ini berlangsung di Kampus II UIN Datokarama Palu, di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Senin.

Askar menjelaskan PPG adalah program nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah, yang salah satu tujuannya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pendidikan dan pembelajaran di kelas.

"UIN Palu khususnya FTIK mendapat kepercayaan pemerintah untuk menyelenggarakan program nasional tersebut," ujar dia.

Kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah kepada UIN Palu, ditandai dengan dibentuknya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang melekat pada FTIK.

"Kepercayaan ini menjadi modal bagi UIN Palu untuk bersinergi dengan berbagai pemerintah daerah dalam mengembangkan kompetensi guru," ungkap Askar.

Peningkatan kompetensi guru difokuskan pada kompetensi profesional, pedagogik, personal, dan kompetensi sosial.

Untuk meningkatkan kompetensi tersebut, ujar dia, FTIK melibatkan 84 pengajar dalam program PPG  meliputi 68 dosen dan 16 orang guru pamong.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Morowali Utara, Moh Ridwan, berterima kasih kepada FTIK UIN Palu yang telah bersedia bekerja sama.

Ia berharap kerja sama tersebut, dapat berdampak langsung terhadap upaya Pemkab Morowali Utara dalam mengembangkan sumber daya manusia generasi muda di daerah tersebut.

Terkait hal itu Rektor UIN Datokarama Profesor Sagaf S Pettalongi mengemukakan Program PPG merupakan salah satu program nasional yang menjadi pendekatan dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru.

"Pemerintah bertekad untuk terus membangun sumber daya manusia yang unggul secara berkelanjutan, maka salah satu pendekatannya dilakukan melalui peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru lewat PPG," ucapnya. 

Ia mengemukakan pembinaan dan peningkatan kompetensi serta profesionalitas guru penting dilakukan, seiring dengan kemajuan perkembangan zaman yang ditandai dengan kehadiran teknologi sistem informasi dan komunikasi berbasis digital.

Dalam konteks perkembangan tersebut, ujar dia, guru menghadapi berbagai dinamika dan tantangan dalam melaksanakan tugas dan fungsi mereka.

"Sehingga peningkatan kompetensi dilakukan agar guru terus melakukan pembaharuan-pembaharuan pengembangan ilmu, pengetahuan, pengajaran, yang berdampak pada peningkatan mutu pendidikan," ungkapnya.
 


Tags: # uin